Sukses

Presiden Ukraina Hadiri Langsung KTT G7 Hiroshima, Sebelum ke Jepang Volodymyr Zelensky Dikabarkan Singgah di Arab Saudi

Media Jepang, yang mengutip sejumlah sumber, menyebutkan bahwa Zelensky akan tiba di Hiroshima pada Sabtu (20/5) malam.

Liputan6.com, Kyiv - Presiden Volodymyr Zelensky akan menghadiri langsung KTT G7 2023 yang diadakan di Hiroshima, Jepang, di mana perang Ukraina dilaporkan menjadi isu utama.

"Siapa yang meragukan kehadiran presiden kami di sana? Kami yakin bahwa presiden kami akan berada di belahan dunia mana pun saat negara membutuhkannya untuk menyelesaikan persoalan stabilitas negara," ungkap Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov seperti dilansir BBC, Jumat (19/5/2023).

"Itu yang pertama. Kedua terkait KTT ini adalah hal-hal sangat penting akan dibawa ke sana. Itulah mengapa kehadiran fisik presiden kita sangat penting untuk membela kepentingan kita, untuk menjelaskan, untuk menghadirkan proposal dan argumen yang jelas atas setiap peristiwa yang terjadi di wilayah negara kami."

Dia menambahkan, "Karena ketika seseorang berada jauh di suatu tempat, di seberang lautan... mereka tidak selalu dapat merasakan dan memahami apa yang terjadi di wilayah negara kami. Kehadiran presiden kami sangat penting pada acara semacam itu."

Analis menilai bahwa Zelensky telah meletakkan dasar kehadirannya di KTT G7 Hiroshima melalui tur Eropa-nya, di mana dia menyambangi Italia, Vatikan, Jerman, Prancis, dan Inggris dalam beberapa hari terakhir untuk memastikan mereka mendapat poin-poin penting dari sisinya sebelum bertolak ke Jepang.

Melalui KTT G7 yang diselenggarakan di Hiroshima, kota yang pernah porak-poranda akibat bom atom dalam Perang Dunia II, Zelensky disebut sangat berharap tidak hanya mendapat dukungan berlanjut, tapi juga bantuan yang telah berulang kali dimohonnya: jet tempur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arab Saudi Dulu Baru Jepang

Menurut AP, Zelensky akan tampil secara virtual pada hari pertama KTT G7 Jumat 19 Mei, sementara secara fisik dia akan muncul pada Minggu (21/5).

Media Jepang, yang mengutip sejumlah sumber, menyebutkan bahwa Zelensky akan tiba di Hiroshima pada Sabtu (20/5) malam.

Sebelum bertolak ke Jepang, Presiden Zelensky disebut-sebut akan lebih dulu menghadiri pertemuan Liga Arab di Arab Saudi. Reuters melaporkan bahwa Zelensky akan terbang dengan pesawat pemerintah Prancis ke Jepang setelah singgah di Jeddah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini