Sukses

Pangeran Harry Sudah Tiba untuk Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla, Meghan Markle Menanti di Ultah Archie

Pangeran Harry telah mendarat di Inggris menjelang penobatan ayahnya Raja Charles III. Ia diperkirakan akan segera terbang kembali ke Montecito AS untuk merayakan pesta ultah sang anak bersama Meghan Markle.

Liputan6.com, London - Pangeran Harry telah mendarat di Inggris menjelang penobatan ayahnya, Raja Charles III.

Seorang juru bicara organisasi nirlaba Harry dan Meghan Markle mengatakan, Duke of Sussex yang berusia 38 tahun tiba Jumat 5 Mei 2023 pagi waktu setempat.

Pangeran Harry akan menghadiri penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey London, di mana Charles dan istrinya Camilla akan dinobatkan sebagai raja dan ratu Inggris pada Sabtu (6/5/2023). Demikian seperti dikutip dari Fox.

Kunjungan Pangeran Harry diperkirakan singkat karena dia dilaporkan akan terbang kembali ke California setelah upacara penobatan, untuk bergabung bersama sang istri Meghan Markle guna menghadiri pesta ulang tahun keempat putranya Archie.

Sementara Duchess of Sussex Meghan Markle tetap tinggal bersama anak-anak mereka di Montecito karena tanggal penobatan 6 Mei bertepatan dengan ulang tahun Archie. Harry dan Meghan memiliki dua anak yakni Archie dan putri Lilibet.

Beberapa bangsawan dan pejabat dari seluruh dunia juga ada yang telah tiba pada hari Jumat menjelang acara kerajaan yang sangat dinantikan.

Ibu negara Jill Biden terbang pada Jumat pagi untuk mewakili Amerika Serikat pada penobatan sementara Presiden Biden tetap tinggal di AS. Sejauh ini tidak ada presiden AS yang pernah menghadiri penobatan raja Inggris.

Setelah mendarat di London, Jil Biden mengunjungi Akshata Murthy, istri Perdana Menteri Rishi Sunak, di Downing Street No.10. Keduanya kemudian bertemu dengan siswa di Sekolah Dasar Charles Dickens di London. Setelah itu, Jill Biden mampir ke Kedutaan Besar AS untuk menyapa staf sebelum menghadiri resepsi bertabur bintang yang diselenggarakan oleh Charles dan Camilla di Istana Buckingham.

Biden tersenyum saat berpose dengan Kate Middleton dan Olena Zelenska, istri Presiden Ukraina Volodymr Zelenskyy, dalam foto yang dibagikan oleh akun Twitter Prince and Princess of Wales.

Bangsawan Eropa lainnya yang terlihat di resepsi termasuk Pangeran Albert II dan Putri Charlene dari Monako; Putri Mahkota Mary dan Putra Mahkota Frederik dari Denmark; Putri Sophie dari Liechtenstein; Putri Margareta dari Rumania; Raja Philippe dari Belgia; Putri Elisabeth, Duchess of Brabant; dan Ratu Letizia dari Spanyol.

Raja Abdullah II dan Ratu Rania dari Yordania, Putri Mahkota Kiko dari Jepang, Ratu Jetsun Pema dan Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck dari Bhutan, Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan Ratu Suthida dan Raja Vajiralongkorn dari Thailand termasuk di antara sejumlah bangsawan internasional yang hadir resepsi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Ada Protes

Warga Inggris tengah menanti detik-detik jelang penobatan pertama dalam 70 tahun Raja Inggris. Momen yang akan berlangsung pada Sabtu 6 Mei 2023 pagi atau sore waktu Indonesia, dengan Raja Charles III dan Queen Consort atau Permaisuri Ratu Camilla mempersiapkan perjalanan kereta bersejarah mereka ke Westminster Abbey.

Meski diperkirakan akan turun hujan, massa sudah mulai berkumpul di jalur prosesi penobatan Raja Charles III.

Akan ada operasi keamanan besar-besaran di pusat Kota London, dengan 100 kepala negara akan hadir. Aksi protes juga telah dijanjikan oleh mereka yang menentang monarki.

Proses Coronation (koronasi) atau penobatan yang akan berlangsung hampir dua jam, akan dilihat langsung perdana oleh 2.300 tamu, termasuk Pangeran Harry, Duke of Sussex, yang tiba dari Amerika Serikat pada Jumat 5 Mei dengan penerbangan komersial.

Momen ini akan menjadi pertama kalinya sejak rilis memoar Pangeran Harry bahwa dia akan terlihat di depan umum bersama saudaranya, Pangeran William, Pangeran Wales.

Diperkirakan Pangeran Harry akan terbang kembali ke AS dalam hitungan jam setelah upacara untuk bergabung kembali dengan istrinya Meghan.

Raja Charles III menjadi raja Britania Raya dan 14 kerajaan lainnya pada September 2023, ketika ibunya Elizabeth meninggal setelah 70 tahun bertakhta. Perencanaan intensif berbulan-bulan telah memasuki perayaan penobatan - yang ke-40 berlangsung di Westminster Abbey sejak 1066.

Menjelang penobatan, mengutip BBC, Sabtu (6/5/2023), Raja Charles III tampak santai saat berjalan-jalan di mal, diapit oleh Pangeran dan Putri Wales dan petugas keamanan yang ketat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.