Sukses

Cristiano Ronaldo dan Kekasih di Arab Saudi Disorot, Hukum Kumpul Kebo Melunak?

Kerajaan Arab Saudi tak mengizinkan kumpul kebo, padahal Cristiano Ronaldo tidak menikah dengan pasangannya.

Liputan6.com, Riyadh - Kehadiran Cristiano Ronaldo disambut dengan meriah di Arab Saudi karena kepindahannya ke klub Al Nassr. CR7 dikontrak untuk bermain selama dua setengah tahun dengan gaji fantastis. 

Satu hal yang kini menjadi sorotan adalah status keluarga Cristiano Ronaldo. Seperti diketahui, Ronaldo belum menikah dengan kekasihnya bernama Georgina Rodriguez. 

Atlet berusia 37 tahun itu telah menjalin hubungan bak suami istri dengan Georgina sejak 2016, meski tidak menikah. Bersama-sama, mereka membesarkan lima orang anak yang masih kecil.

Hubungan yang mereka jalani disebut kumpul kebo di Indonesia, pasalnya keduanya tidak terikat status pernikahan. Pemerintah Arab Saudi juga sebenarnya tidak mengizinkan pasangan luar nikah untuk tinggal bersama. 

Namun, Cristiano Ronaldo dan Georgina berpotensi tak akan terjerat hukum karena situasi di Arab Saudi yang mulai berubah.

Berdasarkan laporan Daily Mail, Selasa (10/1/2023), dua orang pengacara Arab Saudi berbicara kepada media Spanyol bahwa pihak berwenang belakangan ini mulai membiarkan pasangan-pasangan ekspat yang kumpul kebo. 

Meski hukum di kerajaan masih melarang kohabitasi tanpa sebuah kontrak pernikahan, pihak berwenang baru-baru ini mulai mengabaikan dan tidak lagi mempersekusi siapapun," ujar seorang pengacara Saudi.

Pengacara lainnya menambahkan bahwa ekspat terutama aman dari hukum ini.

"Hari-hari ini, pihak berwenang Saudi tidak lagi ikut campur di masalah ini, untuk ekspatriat, walau hukum melarang kohabitasi tanpa pernikahan," ucapnya.

Namun, hukum itu masih bisa diterapkan bila ada masalah atau kejahatan.

Masalah lain yang harus dihadapi Georgina adalah visa, sebab ia tak bisa mendapat visa pernikahan. Para pengacara dari Al Nassr bisa saja menjadi sponsor untuk Georgina, atau wanita itu bisa mendapatkan visa turis selama setahun.

Cristiano Ronaldo dan pasangannya tinggal di hotel Four Seasons di Riyadh. Mereka mendapatkan Kingdom Suite yang memiliki dua lantai.

Kingdom Suite berada di lantai 48 hingga 50 dengan ruang keluarga yang luas, kantor pribadi, ruang makan, dan ruang media. Keluarga Cristiano Ronaldo akan tinggal di hotel Four Seasons sampai menemukan tempat tinggal lain yang cocok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arsiteki Portugal, Roberto Martinez Segera Bicara dengan Cristiano Ronaldo

Sementara itu, manajer anyar Tim Nasional Portugal Roberto Martinez telah mengungkapkan bahwa dia berencana untuk berbicara dengan Cristiano Ronaldo guna membahas perannya dengan timnas ke depan. Martinez dikonfirmasi sebagai pengganti Fernando Santos menyusul pemecatannya setelah gagal dari Piala Dunia 2022 Qatar pada babak perempat final.

Portugal sekarang bergerak ke arah yang berbeda dengan Martinez, yang juga kehilangan pekerjaan internasionalnya setelah Piala Dunia 2022 bersama Belgia. Dia sekarang bergabung dengan kontrak tiga setengah tahun hingga akhir Piala Dunia 2026.

Pertandingan internasional pertama Roberto Martinez akan datang pada Maret 2023 saat Portugal memulai kampanye kualifikasi Euro 2024 melawan Liechtenstein dan Luksemburg. Masih ada beberapa keraguan apakah Ronaldo, yang duduk di bangku cadangan untuk babak sistem gugur Piala Dunia, akan kembali ke negaranya.

Martinez telah mengonfirmasi bahwa dia berencana untuk berbicara dengan Ronaldo dalam beberapa hari mendatang untuk membahas masa depannya di tingkat internasional.

“Keputusan harus dibuat di lapangan. Saya tidak akan terburu-buru mengambil keputusan,” kata Martinez.

“Saya ingin bertemu semua orang, dan mulai hari ini saya ingin berbicara dan bertemu semua pemain. Cristiano adalah bagian dari daftar itu. Dia sudah 19 tahun di tim nasional dan pantas dihormati, mari kita bicara,” ujarnya.

3 dari 4 halaman

Euro 2024

Sementara itu, Martinez akan segera membuat daftar pemain yang akan tampil di Euro 2024. Karena itu, dia akan bicara kepada pemain yang dipilih nanti.

“Dari sana, terserah saya untuk membuat daftar terbaik untuk Kejuaraan Eropa. Besok kami akan mulai bekerja untuk bertemu semua pemain, dan Cristiano adalah salah satunya,” jelas pernyataan Martinez.

“Kami akan memulai proses sepak bola untuk mencoba mengenal semua pemain yang akan bisa bergabung dengan tim ini. Kami akan memberikan kesempatan kepada semua pemain dan menghormati semua yang sudah ada di tim,” ujarnya.

Martinez berharap dirinya bisa diterima dengan baik di tim. Sehingga Timnas Portugal bisa menjawab dengan prestasi di kejuaraan lainnya.

“Saya senang memiliki mereka di sisi saya. Ini adalah proses yang harus kami hadapi secara alami, bertanggung jawab, dan kami akan membuat keputusan penting untuk tim,” ucapnya.

Ronaldo belum berkomentar secara terbuka tentang masa depannya bersama Portugal, tetapi merilis pernyataan samar setelah keluarnya Portugal dari Piala Dunia 2022.

Melalui Instagram, pada bulan lalu Ronaldo mengindikasikan bahwa turnamen di Qatar akan menjadi Piala Dunia terakhirnya. Namun, ia belum mengonfirmasi pensiun dari laga internasionalnya.

4 dari 4 halaman

MU Jual Merchandise CR7

Sebelumnya, kontrak Cristiano Ronaldo dengan Manchester United diputus bersama pada 22 November 2022. Keputusan tersebut diambil setelah wawancara eksplosif bintang asal Porutal itu dengan Piers Morgan di TalkTV.

Usai Ronaldo meninggalkan Old Trafford, MU memutuskan untuk menghapus merchandise atau barang-barang yang terkait dengan pemenang Ballond d'Or lima kali itu. Setan Merah menjualnya dengan harga yang lebih murah.

Seperti dilansir Sportskeeda, gantungan kunci dan magnet Ronaldo yang sebelumnya berharga 5 pound, kini tersedia dengan harga 2 pound di toko online mereka. Lencana Ronaldo, sementara itu, tersedia dengan harga 1 pound.

Ronaldo kembali ke Old Trafford pada musim panas 2021. Dua gol melawan Newcastle United dalam debut keduanya membuat para penggemar memimpikan kembali ke masa kejayaannya.

Pesepak bola berusia 37 tahun itu adalah penyelamat Man Utd musim lalu, mencetak 24 gol dalam 38 laga. Tapo, dia gagal mendapatkan tempat awal di bawah manajer Erik ten Hag musim ini.

Peran yang berkurang membuatnya hanya duduk di bangku cadangan dalam pertandingan-pertandingan penting. Ini membuat Ronaldo tidak bahagia.

Setelah banyak menunjukkan rasa frustrasinya di depan umum, hubungan Ronaldo dengan MU menjadi tidak dapat dipertahankan setelah pemain timnas Portugal tersebut muncul untuk wawancara dengan Piers Morgan. Eks bintang Real Madrid itu

Ronaldo mengkritik pemilik klub dan Ten Hag, yang akhirnya mengakibatkan pemutusan kontrak bersama. Ronaldo kemudian baru-baru ini bergabung dengan klub Arab Saudi Al Nassr.

Dia menandatangani kesepakatan yang akan membuatnya menghasilkan sekitar 200 juta pound per tahun. Angka tersebut menjadikannya sebagai pesepak bola dengan bayaran tertinggi dalam sejarah sepak bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.