Sukses

Mainan Lato-Lato Tren di Indonesia Ternyata Dilarang AS, Ini Alasannya

Ini adalah kisah tentang mainan yang memicu perhatian orang tua dan campur tangan pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Mainan lato-lato tengah naik daun di Indonesia belakangan ini, namun siapa sangka kepopulerannya sudah terjadi sejak tahun 90-an.

Lato-lato ternyata juga bukan mainan yang populer di kalangan warga Indonesia saja, melainkan juga bagi sejumlah warga negara asing. Bahkan mainan ini lebih dulu viral.

Adapun nama lain yang dikenal adalah clackersclick-clacksknockers, Ker-Bangers dan Clankers.

Melansir dari Groovy History, Selasa (10/1/2022), mainan ini konon hadir pertama kalinya pada 1960-an. Saat itu, mulai populer di Amerika Serikat.

Mainan lato-lato juga dikenal sebagai permainan yang cukup membuat orang tua penuh rasa khawatir karena dianggap cukup berbahaya dan bisa menyebabkan cedera.

Cara memainkan lato-lato saling tertekan bisa menyebabkan bundalan lato-lato bisa lepas dari talinya dan membuat anak cedera. Tak hanya itu, suara bisingnya juga terkadang membuat seseorang kesal karena bisa mengganggu konsentrasi. Terutama, jika dimainkan dengan sangat cepat dengan suara yang sangat nyaring.

Mainan anak-anak ini juga berbahaya karena anak-anak di tahun 60-an atau 70-an menggunakan bola plastik atau kaca yang berbenturan. Pernah suatu ketika insiden terjadi, lato-lato pecah dengan pecahan kaca atau plastik beterbangan berbahaya ke segala arah.

Banyak kasus cedera yang terdokumentasi akibat retakan mainan yang disebut di AS sebagai clackers, dan mereka akhirnya ditarik dari pasar.

Ini adalah kisah tentang mainan yang memicu perhatian orang tua dan campur tangan pemerintah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4 Kasus Memicu Peringatan Nasional Bahaya Lato-Lato di AS, Lalu Pelarangan

Seperti yang dilaporkan New York Times pada 12 Februari 1971, "Mengutip setidaknya empat cedera, Food and Drug Administration (FDA) AS mengeluarkan peringatan publik terhadap clackers, mainan yang menikmati lonjakan popularitas yang mirip dengan hula-hoop di tahun-tahun sebelumnya."

Anda tahu Amerika beruntung ketika "setidaknya empat kasus cedera" menggerakkan FDA untuk mengeluarkan peringatan nasional tentang bahaya mainan lato-lato.

Badan tersebut juga mengumumkan bahwa mereka akan menguji clackers dari lebih dari selusin perusahaan untuk menentukan "kecepatan dan potensi pecah sebelum memutuskan apakah akan melarang mainan tersebut".

Larangan ini menarik perhatian Society for the Prevention of Blindness yang menjadi juara melawan bahaya para clackers. Sejumlah komite dan organisasi bermunculan di sekitar bahaya para clackers; menurut sebuah esai oleh Sarah Slobin di Quartz,

"Paranoia tentang mainan yang tidak aman menjadi fitur yang meluas di masa kanak-kanak Baby Boomers Amerika, yang pada akhirnya menabur benih untuk gaya pengasuhan helicopter parenting saat ini."

Mengutip sejumlah sumber, helicopter parenting adalah gaya asuh di mana orang tua sangat memperhatikan pengalaman dan masalah anak atau anak-anak.

Lato- lato kemudian kehilangan 'kekuatan' ketika US Consumer Product Safety Commission (Komisi Keamanan Produk Konsumen AS) menganggap mainan itu sebagai "bahaya mekanis". Orang tua di seluru penjuru AS pun bergembira karena lato-lato era itu menghilang dari pasar.

Tren lato-lato AS selesai, namun tak disangka para clackers menggunakan "jarts" yang juga dikenal sebagai lawn dart (seperti anak panah berukuran kecil yang dimainkan dengan cara dilempar), yang merupakan permainan luar ruangan yang menyenangkan namun tindakan pencegahan keselamatan perlu diperhatikan.

Jart itu agak seperti pisau lempar, dan anak-anak pasti akan menggunakannya cepat atau lambat saat itu.

 

3 dari 5 halaman

Mainan Penguji Kesabaran Orang Tua

Clackers, menguji kesabaran para orang tua di mana pun, mulai dari akhir tahun 60-an hingga awal tahun 70-an. Dua bola plastik atau kaca yang digantung dengan tali sederhana menjadi tren besar di era Groovy, yang membuat kecewa orang dewasa yang tidak menginginkan migrain.

Mirip dengan bolas, senjata berburu yang digunakan oleh para gaucho atau koboi Amerika Selatan, clackers menciptakan gemerincing dan bahkan menjadi bahaya ketika anak-anak yang terlalu riuh "menghentak" mereka begitu keras hingga meledak.

Clackers juga mungkin telah memperkenalkan kita pada bentuk paling awal dari orang tua yang amat khawatir dengan otensi bahaya dari dua bola plastik kecil dan seutas tali.

Mimpi Buruk Orang Tua

Secara alami, seperti ngengat yang menyala yang menarik perhatian, anak-anak akan selalu tertarik pada mainan atau apapun yang dapat mengganggu orang tua mereka.

Pada tahun 1968, clackers memenuhi keinginan yang mendalam dari banyak anak untuk membuat kebisingan sebanyak mungkin. Seolah-olah, clackers juga membantu anak-anak dengan koordinasi tangan-mata mereka untuk menciptakan mainan yang akan mengganggu siapa pun yang mendengar.

 

 

4 dari 5 halaman

Perubahan Material dari Kaca Menjadi Plastik

Awalnya, clackers dibuat dengan kaca temper tetapi setelah beberapa pecah dan membuat pecahan kaca beterbangan seperti pisau Ginsu kecil, pabrikan beralih ke plastik. Sayangnya, ketika peralihan material ke plastik menghentikan pecahan kaca kecil terbang dengan kecepatan tinggi seperti bom yang baru saja meledak, mereka sejatinya tidak juga menyelesaikan masalah.

Faktanya, pecahan plastik cenderung lebih sering meledak daripada pecahan kaca. Perbaikannya adalah setidaknya lato-lato dari plastik memantul di sekitar ruangan tak seperti yang terbuat dari kaca yang meledak begitu saja.

 

5 dari 5 halaman

Sejarah Lato-Lato di Mesir, Dianggap Singgung Pemerintah

Sejatinya Dengan hanya menggunakan plastik yang lebih tahan lama, clackers dapat digunakan tanpa takut kehilangan penglihatan. Sayangnya, untuk para pembuat clackers, tidak ada yang benar-benar tertarik kecuali anak-anak di Mesir pada tahun 2017.

Ternyata, di Mesir mainan itu disebut "bola Sisi", mengacu pada buah zakar Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi.

Tentu saja, begitu "bola Sisi” menjadi populer, polisi mulai menangkap penjual dan menyita 1.403 pasang mainan tersebut. Untuk beberapa alasan aneh, mereka dianggap menyinggung pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.