Sukses

Analis: Belarusia Diduga Bisa Jadi Ujung Tombak Baru Rusia untuk Serang Ukraina

Setelah kesibukan aktivitas militer Belarusia pada bulan Desember, beberapa ahli khawatir bahwa presiden Belarusia Alexander Lukashenko mungkin sedang mempersiapkan negaranya untuk serangan terhadap Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kesibukan aktivitas militer Belarusia pada bulan Desember, beberapa ahli khawatir bahwa presiden Belarusia Alexander Lukashenko mungkin sedang mempersiapkan negaranya untuk serangan terhadap Ukraina.

Gambar-gambar jalan hutan baru dan peralatan militer menuju perbatasan utara Ukraina yang diambil pada akhir November menunjukkan tanda-tanda penumpukan militer besar-besaran yang dikhawatirkan banyak ahli mungkin menjadi ujung tombak serangan Rusia berikutnya.

Belarusia mulai meningkatkan pengerahan pasukannya ke perbatasannya dengan Ukraina pada 7 Desember dengan kedok latihan kontra-terorisme menurut laporan Reuters, dikutip dari MSN News, Minggu (8/1/2023).

Inspeksi cepat terhadap pasukan Belarusia yang dirancang untuk menguji kesiapan tempur mereka pada 13 Desember menimbulkan kekhawatiran bahwa Lukashenko sedang bersiap untuk memasuki konflik di Ukraina.

"Pasukan harus pergi ke daerah yang ditentukan sesegera mungkin, menerapkan peralatan teknik mereka, mengatur keamanan dan pertahanan, serta melakukan penyeberangan jembatan," kata pejabat dari Kementerian Pertahanan Belarusia dalam sebuah pernyataan kepada publik.

Pada 19 Desember, Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi Belarus untuk membahas kerja sama militer yang lebih erat dengan Lukashenko dalam apa yang dianggap banyak ahli sebagai pertemuan yang direncanakan untuk akhirnya membawa Belarus ke dalam perang.

"Kami sepakat untuk terus mengambil semua langkah yang diperlukan bersama-sama untuk memastikan keamanan kedua negara kami," kata Putin kemudian dalam konferensi pers pasca-pertemuan.

Putin melanjutkan dengan mengatakan bahwa kedua negara juga akan menjadikan pasukan pelatihan dan meningkatkan kesiapan tempur mereka sebagai prioritas sambil terus mengadakan "latihan bersama reguler dan kegiatan pelatihan operasional dan tempur lainnya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rusia Menekan Belarus untuk Bantu Hadapi Ukraina

Selama sebelas bulan terakhir, Kremlin telah menekan Lukashenko untuk memasuki perang Rusia tetapi sejauh ini diktator Belarusia telah memegang teguh untuk menjauh dari konflik.

Setelah pertemuannya dengan Putin, Lukashenko menyebut Rusia sebagai "sekutu terdekat dan mitra strategisnya" tetapi tidak membuat indikasi bahwa ia akan bertarung dengan Rusia di Ukraina.

Sebagian besar ahli setuju bahwa Lukashenko enggan memasuki perang sejauh ini karena betapa tidak populernya itu di antara pangkat dan arsip militernya, para prajurit dan perwira yang saat ini membuatnya tetap berkuasa di Minsk.

"Lukashenko melakukan yang terbaik untuk tidak mengirim militer ke Ukraina," kata seorang mantan letnan kolonel Belarusia bernama Artyom kepada wartawan di Foreign Policy.

"Dia mengerti bahwa satu-satunya orang yang dapat membuatnya tetap berkuasa adalah dinas militer dan keamanan," lanjut letnan kolonel itu.

"Jika mereka pergi ke Ukraina, mereka akan mati atau terluka, dan itu bisa menjadi bencana baginya," tambah Artyom.

Cengkeraman Lukashenko pada kekuasaan di Belarusia telah menjadi yang terbaik sejak protes massa terhadap pemerintahannya pada tahun 2020.

"Kehilangan pasukan akan membangun ketidakpuasan di negara ini," kata Hanna Liubakova—seorang jurnalis Belarusia dan anggota think tank Amerika Atlantic Council—selama wawancara dengan Foreign Policy.

"Kami tahu melalui survei bahwa ada sebagian besar masyarakat yang menentang pengerahan pasukan ke Ukraina," catat Liubakova, "sulit secara politis untuk membenarkannya.

"Tentara Belarus terdiri dari wajib militer, pemuda yang tidak berada di posisi tinggi. Mereka tidak termotivasi untuk bertarung. Jika tubuh mereka kembali ke Belarus, itu bisa memulai protes. Sulit untuk mengukur seberapa besar mereka, tetapi itu akan menjadi faktor destabilisasi bagi Lukashenko," tambah Liubakova.

 

3 dari 3 halaman

Belarus Tidak Ada Pilihan?

Tetapi Lukashenko mungkin tidak punya pilihan selain menyerang Ukraina. Diperkirakan ada 20.000 hingga 30.000 tentara Rusia yang sekarang ditempatkan di Belarus dan eskalasi yang tidak diinginkan baru-baru ini dari Ukraina dapat menarik pasukan itu dan pasukan Lukashenko ke Ukraina utara.

Pada 29 Desember sebuah rudal S-300 Ukraina dilaporkan mendarat di wilayah Belarusia dan telah meningkatkan ketegangan antara Ukraina dan tetangga utaranya.

Tetapi sebagian besar ahli setuju bahwa tidak mungkin Belarus akan memasuki perang, bahkan jika pasukan Rusia memulai serangan baru di Ukraina utara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.