Sukses

5 November 1935: Lahirnya Penulis Legendaris Christopher Wood Alias Timothy Lea

Christopher Wood atau yang dikenal dengan nama pena Timothy Lea adalah penulis novel dan naskah film yang melegenda di akhir abad 20. Salah satu karya hitnya adalah 'James Bond, The Spy Who Loved Me'.

Liputan6.com, London - Christopher Wood lahir dari pasangan Walter Leonard Wood dan Audrey Maud (Hovell) Wood di Lambeth, London, Inggris pada 5 November 1935.

Tumbuh selama Perang Dunia II, orang tuanya mengirimnya pergi dari London ke tempat yang aman di Edward VI Grammar School di Norwich, Inggris. Tapi tahun berikutnya, serangan bom Jerman menghancurkan are yang berdekatan dengan sekolah itu.

Wood melanjutkan studinya di King's College Junior School di London, di mana ia mendapati risiko adanya "pemabuk, gangguan mental, predator seksual" di antara para staf.

Wood lulus dari Cambridge dengan gelar di bidang Ekonomi dan Hukum pada tahun 1960. Kemudian, ia menjalani dinas militernya di Siprus.

Kehidupannya di Mediterania menginspirasi novel kedua masa perangnya 'Terrible Hard, Says Alice'.

Sebelum itu, waktu yang dihabiskannya di Afrika menginspirasi novel pertamanya 'Make it Happen to Me' dan karyanya pada tahun 1983 'A Dove Against Death'.

Untuk membayar tagihan rumah sambil menulis di malam hari dan di perjalanan kereta api, Wood menjadi account executive di biro iklan Masius Wynne-Williams di mana ia mengelola merek nasional.

Setelah upaya gagal mengirimkan naskah untuk televisi, Wood menerbitkan novel pertamanya, yang awalnya berjudul 'Nobody Here But Us Pickens' (sebelum penerbit mengubahnya).

Penjualannya cukup buruk dan buku itu kemudian ditarik setelah tuntutan pencemaran nama baik, meskipun kasus ini kemudian runtuh dan Wood bersih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timothy Lea yang Terkenal

Wood mengajukan gagasan serangkaian novel komik erotis kepada penerbitnya di Sphere paperbacks. Wood memutar dan meluncurkan serangkaian petualangan komik erotis dan entri pertama, 'Confessions of a Window Cleaner' terbit beberapa edisi.

Dengan pendapatan yang meningkat dari menulis, Wood dapat keluar dari pekerjaan harian periklanannya dan menulis penuh waktu. Saat itulah Wood memindahkan keluarganya ke Prancis.

Seri 'Confessions' menjadi hit dan Wood kemudian mengadaptasi novel itu untuk film. Ia pun mulai menggunakan nama samaran Timothy Lea.

Sutradara Lewis Gilbert meminta Christopher Wood untuk menulis petualangan James Bond 1977 'The Spy Who Loved Me' setelah beberapa penulis gagal memberikan garis besar yang ia inginkan. Beberapa tahun sebelumnya, Wood telah menulis 'Seven Nights in Japan' untuk Gilbert.

Karena film tersebut tidak ada hubungannya dengan novel Ian Fleming (karena pembatasan yang ditempatkan pada adaptasi oleh Fleming sebelum kematiannya), Wood juga menulis novelisasi film tersebut 'James Bond, The Spy Who Loved Me'.

Gilbert dan Wood pun bekerja sama lagi dua tahun kemudian untuk film berikutnya 'Moonraker', di mana sekali lagi Wood memberikan novelisasi 'James Bond and Moonraker'.

3 dari 4 halaman

Karya Terakhir

Setelah dua masa jabatan filmnya dengan 'Agent 007', Wood menulis film aksi 1985 'Remo Williams: The Adventure Begins' yang dibintangi Fred Ward dan disutradarai oleh Bond Guy Hamilton.

Wood menerbitkan memoarnya, 'James Bond, The Spy I Loved', pada 2006. Itu adalah karya terakhirnya yang diterbitkan.

Christopher Wood meninggal di apartemennya di Southwest France pada 9 Mei 2015. Namun, kematiannya tidak diketahui secara luas hingga 17 Oktober 2015 ketika Sir Roger Moore menulis cuitan belasungkawa di Twitter.

4 dari 4 halaman

Film James Bond Masih Eksis

Meski sudah empat dekade lebih, hingga sekarang agen 007 itu masih eksis di layar lebar. Bahkan, Daniel Craig, sang James Bond, kini sudah pensiun dari perannya sebagai agen rahasia 007. Setelah pencarian cukup lama akhirnya kabar baik pun datang untuk para penggemar.

Kabarnya Harris Dickinson telah diusulkan untuk menjadi agen rahasia 007, menggantikan Daniel Craig. 

Dan bintang Triangle of Sadness ini pun siap untuk memainkan peran mata-mata Inggris yang terkenal di layar lebar, dilansir Contactmusic.com, Kamis (27/10/2022).

Harris Dickinson mengatakan kepada surat kabar bahwa dirinya selalu siap menerima peran besar tersebut.

 

Penulis: Safinatun Nikmah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.