Sukses

Kocak, Topi Sekolah Anti-Nyontek di Filipina Ini Jadi Viral

Demi mencegah adanya aksi mencontek di Filipina, para anak sekolah di Filipina memakai topi yang lucu.

Liputan6.com, Manila - Foto-foto dari para siswa yang mengenakan "topi anti-nyontek" selama ujian perguruan tinggi telah menjadi viral di media sosial di Filipina, memicu hiburan.

Dilansir BBC, Senin (24/10/2022), mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kota Legazpi diminta untuk mengenakan penutup kepala yang akan mencegah mereka mengintip kertas orang lain.

Banyak yang menanggapi dengan membuat alat buatan sendiri dari kardus, kotak telur, dan bahan daur ulang lainnya. Tutor mereka mengatakan kepada BBC bahwa dia telah mencari "cara yang menyenangkan" untuk memastikan "integritas dan kejujuran" di kelasnya.

Mary Joy Mandane-Ortiz, seorang profesor teknik mesin di Bicol University College of Engineering, mengatakan gagasan itu "sangat efektif". Itu diterapkan untuk ujian tengah semester baru-baru ini, yang diikuti oleh ratusan mahasiswa di perguruan tinggi pada minggu ketiga Oktober.

Prof Mandane-Ortiz mengatakan permintaan awalnya adalah agar siswa membuat desain "sederhana" dari kertas.

Dia terinspirasi oleh teknik yang dilaporkan digunakan di Thailand beberapa tahun sebelumnya.

Pada tahun 2013, sebuah gambar menjadi viral muncul untuk menunjukkan sebuah ruangan mahasiswa di Bangkok mengambil kertas ujian sambil mengenakan "penutup telinga" - lembaran kertas menempel di kedua sisi kepala mereka untuk mengaburkan penglihatan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kreatif

Prof Mandane-Ortiz mengatakan ia menjalankan idenya dan meminta muridnya membuat tutup kepala dalam "hanya lima menit" dengan sampah apa pun yang mereka temukan tergeletak di sekitar mereka. 

Yang lain mengenakan topi, helm, atau topeng Halloween untuk memenuhi perintah tersebut.

Serangkaian postingan Facebook profesor - menunjukkan anak-anak muda mengenakan kreasi mereka - menarik ribuan tombol sukadalam hitungan hari, dan menarik liputan dari outlet media Filipina. 

Mereka juga dilaporkan meminta sekolah dan universitas di bagian lain negara itu untuk mendorong siswa mereka sendiri untuk membuat penutup kepala anti-kecurangan.

3 dari 3 halaman

Terbukti Efektif

Prof Mandane-Ortiz mengatakan anak didiknya tampil lebih baik tahun ini, didorong oleh kondisi ujian yang ketat untuk belajar ekstra keras.

Banyak dari mereka menyelesaikan tes mereka lebih awal, tambahnya - dan tidak ada yang ketahuan menyontek tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.