Sukses

Banjir Bandang Hantam Penang Malaysia, Rendam Sejumlah Rumah

Hujan deras yang terus-menerus di Pulau Penang Malaysia sejak pukul 9 malam pada hari Sabtu telah menyebabkan air di Sungai Pinang naik 2,5 m di atas tingkat bahaya.

Liputan6.com, Penang - Hujan deras yang terus-menerus di pulau Penang Malaysia sejak pukul 9 malam pada hari Sabtu telah menyebabkan air di Sungai Pinang naik 2,5 m di atas tingkat bahaya.

Ketua komite kesejahteraan dan lingkungan Penang Phee Boon Poh mengatakan beberapa rumah terendam banjir di Kampung Naran dan Masjid Kampung di Bayan Lepas, sebuah kota di penang selatan.

Namun, kata dia, ketinggian air sedang turun, demikian seperti dikutip dari the Straits Times, Minggu (16/10/2022).

"Sementara itu turun, masih ada hujan terus-menerus. Untuk saat ini tidak ada banjir di Jalan P Ramlee," imbuhnya.

Departemen Meteorologi Malaysia mengeluarkan peringatan pada pukul 1.45 pagi pada hari Minggu tentang hujan lebat hingga pukul 6 pagi di berbagai bagian hampir setiap negara bagian di Malaysia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banjir Hantam Perlis

Tiga daerah di Kangar, sebuah kota di negara bagian utara Perlis, dilanda banjir bandang setelah hujan lebat sejak Sabtu, lapor kantor berita Bernama.

Menurut juru bicara Pasukan Pertahanan Sipil (CDF) Perlis, wilayah yang terkena dampak adalah Kampung Sentua, Kampung Seriab dan Kampung Bakau.

"CDF Perlis sedang memantau daerah hotspot dan sungai di negara bagian itu, katanya ketika dihubungi pada hari Minggu.

Hujan deras pada Minggu dini hari menyebabkan ketinggian air di air terjun Telaga Tujuh di pulau Langkawi naik, membuat 44 orang terdampar.

Seorang pejabat polisi Langkawi mengatakan Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Langkawi menerima panggilan darurat sekitar pukul 10.35 pagi.

"Kami mendapat informasi bahwa ada 44 orang yang terdampar di air terjun Telaga Tujuh di Kedah. Pekerjaan penyelamatan sedang dilakukan sekarang untuk membawa mereka ke tempat yang aman," kata pejabat itu pada hari Minggu.

 

3 dari 3 halaman

Tim Penyelamat Dikerahkan

Tim penyelamat terlihat dalam rekaman video membantu orang-orang menyeberangi air menggunakan kabel untuk dukungan.

Mereka terlihat mengenakan rompi flotasi untuk keselamatan karena arus yang kuat setelah hujan lebat. Polisi juga terlihat membantu operasi penyelamatan.

Air terjun Telaga Tujuh terletak di Machinchang Cambrian Geoforest Park di Langkawi.

Kamis lalu, Menteri Dalam Negeri Juru Kunci Hamzah Zainudin mengatakan latihan simulasi sedang diberlakukan untuk mempersiapkan banjir yang terjadi selama Pemilihan Umum ke-15 mendatang.

Caretaker Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob mengumumkan pembubaran Parlemen pada 10 Oktober, membuka jalan bagi jajak pendapat untuk diadakan dalam waktu 60 hari, meningkatkan kemungkinan pemilihan diadakan selama musim hujan tahunan ketika Malaysia secara teratur mengalami banjir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.