Sukses

PBB Sebut Gempa Papua Nugini Magnitudo 7,6 Tewaskan 4 Orang

Gempa berkekuatan magnitudo 7,6 mengguncang Papua Nugini pada Minggu 11 September 2022. Lindu dilaporkan menewaskan sedikitnya empat orang.

Liputan6.com, Port Moresby - Gempa berkekuatan magnitudo 7,6 mengguncang Papua Nugini pada Minggu 11 September 2022. Lindu dilaporkan menewaskan sedikitnya empat orang.

Sementara itu, sejumlah orang juga dilaporkan terluka. Beberapa properti dan infrastruktur penting juga kabarnya rusak terdampak gempa Papua Nugini itu.

Penduduk di kota-kota utara dekat pusat gempa bumi melaporkan guncangan hebat pada pagi hari yang meretakkan jalan dan merobohkan kelongsong bangunan.

Sementara pemerintah tidak memberikan angka kematian, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) di Asia dan Pasifik mengatakan bahwa setidaknya 4 kematian dan empat cedera telah dilaporkan.

Satu orang tewas dalam tanah longsor di Pantai Rai, Madang, dengan tiga lainnya terkubur di Wau, Morobe, kata tim penanggulangan bencana PNG OCHA dalam sebuah laporan yang diposting di Twitter.

Jaringan listrik regional, kabel internet, dan jalan raya regional rusak, tetapi bandara beroperasi, katanya.

"Ada kerusakan yang meluas," kata anggota parlemen setempat, Kessy Sawang, kepada AFP, seraya menambahkan bahwa tanah longsor telah mengubur rumah-rumah dan "membelah" satu desa di mana orang-orang "kehilangan rumah".

Ada komunikasi yang terbatas di daerah itu, sedikit sumber daya pemerintah dan jalan beraspal, membuat penilaian dan upaya penyelamatan menjadi sulit.

Perusahaan penerbangan kecil dan kelompok misionaris terlibat dalam mengangkut beberapa orang yang terluka melintasi lanskap hutan yang terjal.

Laporan PBB mengatakan orang-orang telah terluka oleh struktur atau puing-puing yang jatuh, dan ada kerusakan pada beberapa pusat kesehatan, rumah, jalan pedesaan dan jalan raya.

"Sangat sulit, medannya, cuacanya. Ini menantang," kata Nellie Pumai dari Manolos Aviation, yang telah mengangkut satu orang keluar dan berusaha kembali seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (12/9/2022).

Peringatan Tsunami

Sistem peringatan tsunami Amerika Serikat mengeluarkan peringatan namun kemudian mencabutnya, demikian seperti dikutip dari Antara, Minggu 12 September 2022.

Sementara itu, badan meteorologi Australia mengatakan tidak ada ancaman tsunami terhadap Australia menyusul gempa yang mengguncang negara yang terletak di bagian timur Pulau Papua itu.

Para warga Papua Nugini mengirimkan kabar tentang gempa tersebut melalui media sosial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penduduk Berbagi Kabar Via Media Sosial

Penduduk Papua Nugini berbagi gambar dan video di media sosial tentang jalan yang retak, bangunan dan mobil yang rusak, dan barang-barang yang jatuh dari rak supermarket.

Di kota dataran tinggi timur Goroka, penduduk menangkap gambar jendela yang jatuh dari dinding retak sebuah universitas setempat.

Gempa itu "sangat kuat", kata Hivi Apokore, seorang pekerja di Resor Jais Aben dekat kota pesisir Madang.

"Semuanya seperti duduk di laut - hanya mengambang."

Penyedia komunikasi yang didukung negara PNG DataCo juga melaporkan dampak pada jaringan kabel bawah lautnya, yang mengakibatkan gangguan yang meluas.

Gempa itu terasa hingga ibu kota Port Moresby sekitar 480 km jauhnya.

Survei Geologi AS awalnya mengeluarkan peringatan tsunami untuk daerah pantai terdekat, tetapi kemudian mengatakan ancaman itu telah berlalu.

Tetapi penduduk setempat yang ketakutan di dekat laut tetap melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi - melaporkan bahwa permukaan air tiba-tiba turun.

3 dari 4 halaman

Gempa Besar

Pemimpin negara itu, James Marape mengatakan gempa itu "besar" dan mengatakan kepada orang-orang untuk berhati-hati tetapi mengatakan dia memperkirakan kerusakannya lebih kecil dari gempa 2018 yang menewaskan sedikitnya 126 orang.

Namun, skala kerusakan dan jumlah korban masih belum jelas pada Minggu.

"Badan bencana nasional dan provinsi, serta para pemimpin, telah diminta untuk menilai kerusakan dan cedera pada orang-orang dan menanganinya sesegera mungkin," kata Marape.

Perusahaan komunikasi yang didukung negara, DataCo, mengatakan pihaknya mengalami "beberapa gangguan layanan" pada pengoperasian kabel komunikasi bawah laut domestik serta PIPE Pacific Cable 1 yang membentang dari Sydney ke Guam.

Belum jelas apakah ada kerusakan pada bandara regional.

Gempa terjadi pada kedalaman 61 km, sekitar 67 km dari kota Kainantu, menurut US Geological Survey.

Papua Nugini terletak di "Cincin Api" Pasifik, menyebabkannya sering mengalami gempa bumi.

 

4 dari 4 halaman

Gempa Indonesia

Sebelumnya pada Minggu 11 September, Survei Geologi AS juga melaporkan dua gempa kuat di Kepulauan Mentawai yang terpencil di lepas pantai barat Sumatra di negara tetangga Indonesia.

Tidak ada laporan segera mengenai korban atau kerusakan, tetapi gempa tersebut membuat penduduk di Kepulauan Mentawai melarikan diri ke pusat-pusat evakuasi yang didirikan minggu lalu setelah gempa lain.

Gempa Indonesia juga dirasakan di kota Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat, di mana penduduk meninggalkan rumah mereka setelah gempa mengguncang bangunan, menurut seorang wartawan AFP.

Pada tahun 2004 gempa berkekuatan 9,1 di lepas pantai Indonesia memicu tsunami yang menewaskan 220.000 orang di seluruh wilayah yang lebih luas, termasuk sekitar 170.000 di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.