Sukses

China Jadi Negara Pertama Setujui Vaksin COVID-19 Inhalasi untuk Pemakaian Darurat

China menyetujui vaksin COVID-19 inhalasi pertama di dunia untuk penggunaan darurat.

Liputan6.com, Tianjin - China menjadi negara pertama yang memberi lampu hijau untuk vaksin COVID-19 inhalasi, membuka jalan bagi potensi penggunaan produk bebas jarum di negara itu. Di mana menekan penyebaran COVID-19 tetap menjadi prioritas utama.

Pembuat vaksin, CanSino Biologics, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Minggu 4 September 2022 bahwa regulator obat-obatan China telah menyetujui dosis inhalasi untuk penggunaan darurat sebagai vaksin booster atau penguat.

Mengutip laporan CNN, Rabu (7/9/2022), produk yang dikenal sebagai Convidecia Air, memberikan dosis vaksin melalui embusan udara dari nebulizer yang kemudian dihirup melalui mulut. Vaksin Convidecia yang disuntikkan CanSino sudah digunakan di China dan telah disetujui di beberapa negara lain.

Menurut database yang dikelola oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), produk baru CanSino adalah salah satu dari dua vaksin "inhalasi" khusus yang telah mencapai pengembangan fase klinis, karena sejumlah perusahaan di seluruh dunia meneliti cara-cara inovatif untuk memberikan perlindungan COVID-19 melalui hidung dan mulut.

Izin dari vaksinasi yang dihirup mengemuka ketika beberapa kota di China memberlakukan lockdown COVID-19 skala besar dan pengujian massal sebagai tanggapan terhadap wabah skala kecil.

Negara ini terus mematuhi kebijakan nol-COVID yang ketat, bahkan ketika seluruh dunia belajar untuk hidup dengan virus tersebut.

Lebih dari 70 kota di China telah ditempatkan di bawah lockdown COVID-19 penuh atau sebagian sejak akhir Agustus, berdampak pada lebih dari 300 juta orang, menurut penghitungan CNN.

Tingkat vaksinasi yang rendah di antara orang tua adalah salah satu alasan medis yang digunakan oleh otoritas China, untuk membenarkan tindakan pengendalian penyakit yang sedang berlangsung.

Sementara itu, varian baru Virus Corona telah memengaruhi perlindungan yang ditawarkan oleh vaksin generasi pertama di seluruh dunia, termasuk vaksin buatan China yang memberikan perlindungan antibodi yang kurang kuat dibandingkan dengan vaksin mRNA yang dikembangkan di Barat.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kampanye Vaksinasi COVID-19

Kampanye booster dan vaksinasi -- dan pengembangan produk generasi berikutnya -- sedang berlangsung di China.

Kendati demikian masih belum jelas di mana vaksin inhalasi baru akan mengisi lanskap ini. CanSino memperingatkan dalam sebuah perusahaan yang mengajukan bahwa beberapa langkah pengaturan tetap ada sebelum vaksin dapat dipasarkan, dan mengatakan produknya akan menghadapi "persaingan sengit" di dalam negeri, di mana sembilan vaksin sejauh ini telah menerima otorisasi.

Dalam rilis berita, CanSino mengatakan Convidecia Air "dapat menginduksi kekebalan humoral, seluler, dan mukosa yang kuat."

Meski demikian pabrikan tidak memberikan data untuk mendukung klaim tersebut, tetapi merujuk pada studi di jurnal medis The Lancet.

Dalam sebuah penelitian kecil yang diterbitkan pada bulan Agustus, peneliti CanSino melaporkan bahwa pada orang yang mendapat dua dosis suntikan vaksin CoronaVac, booster vaksin inhalasi meningkatkan kadar antibodi dibandingkan dengan dosis ketiga CoronaVac yang disuntikkan.

CoronaVac, suntikan yang dikembangkan oleh Sinovac yang berbasis di Beijing yang digunakan secara luas di China dan global, menggunakan jenis teknologi yang berbeda dari Convidecia, sehingga dosis yang dihirup memberikan dorongan heterolog, atau campuran dan cocok.

Studi ini tidak menguji apakah dosis yang dihirup membuat orang tidak terinfeksi atau mencegah mereka menularkan COVID-19 ke orang lain.

 

3 dari 4 halaman

Produsen Obat Berlomba-lomba Ciptakan Vaksin COVID-19 Generasi Baru

Secara global, produsen obat berlomba membuat vaksin generasi berikutnya yang dapat meningkatkan perlindungan terhadap COVID-19, termasuk yang menggunakan metode pemberian dosis inovatif.

Uji klinis sedang dilakukan untuk menguji lebih dari selusin vaksin semprot untuk melihat apakah mereka dapat menciptakan apa yang disebut kekebalan mukosa. Ini meningkatkan antibodi tertentu di hidung dan mulut, khususnya, dengan tujuan mencegah infeksi terjadi sejak awal.

Ada harapan bahwa vaksin non-suntikan ini, yang diberikan dalam bentuk tetes, semprotan atau tablet ke mulut dan hidung, juga dapat mencegah penyebaran infeksi dari orang ke orang -- sesuatu yang tidak dilakukan dengan baik oleh vaksin yang disuntikkan setelah munculnya varian virus baru.

Vaksin Convidecia CanSino mirip dengan vaksin Johnson & Johnson dan Oxford AstraZeneca. Ia menggunakan virus tidak berbahaya yang disebut adenovirus untuk mengangkut instruksi untuk membuat protein lonjakan COVID-19 ke dalam sel sehingga tubuh dapat membuat antibodi untuk melawannya.

Sejauh ini tidak ada produk CanSino yang diizinkan untuk digunakan di Amerika Serikat, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia awal tahun ini mendaftarkan versi injeksi Convidecia untuk penggunaan darurat.

4 dari 4 halaman

Perdana! India Menyetujui Penggunaan Vaksin COVID-19 Lewat Hidung

India pada Selasa, 6 September 2022, menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 yang diberikan melalui hidung (nasal). Vaksin bebas jarum suntik ini dikembangkan secara lokal guna mendorong industri farmasi di negara tersebut.

Vaksin intra-nasal ini dikembangkan oleh pembuat Covaxin, Bharat Biotech bersama dengan Washington University St Louis. Lampu hijau dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) disebut telah dikantongi sejak November 2021.

Regulator obat India atau Drugs Controller General of India (DCGI) VG Somani memberikan otoritas penggunaan darurat vaksin iNCOVACC (BBV154) sebagai dosis utama bagi seseorang di atas 18 tahun yang belum divaksinasi, bukan sebagai booster.

"Langkah ini akan semakin memerkuat perjuangan kolektif kita melawan pandemi," kata Menteri Kesehatan, Masukh Mandaviya di Twitter seperti dikutip dari situs Channel News Asia pada Rabu, 7 September 2022.

Dalam sebuah pernyataan disebutkan bahwa Bharat Biotech melakukan uji coba fase ketiga di 14 lokasi di seluruh India dan menemukan bahwa keamanannya 'sangat sebanding' dengan vaksin lain. Data pengembangan akan diserahkan ke jurnal peer-review dan dirilis ke publik.

Ketua dan Direktur Pelaksana Bharat Biotech, Dr Krishna Ella menyebut bahwa vaksin COVID-19 yang diberikan melalui hidung ini sebagai 'pengubah permainan global' dalam teknologi dan sistem pengiriman vaksin intra-nasal.

"Permintaan vaksin COVID-19 masih rendah tapi pengembangan produk vaksin intranasal terus kami lakukan untuk memastikan bahwa kami siap dengan platform teknologi untuk penyakit menular di masa depan," katanya.

Masih belum jelas kapan produk tersebut akan tersedia untuk penggunaan umum. Perusahaan hanya mengatakan akan diluncurkan pada waktunya.

Persetujuan penggunaan darurat vaksin COVID-19 melalui hidung muncul dua hari setelah China meluncurkan vaksin COVID-19 inhalable pertama di dunia , Convidecia Air, yang diberikan melalui nebuliser.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.