Sukses

China Bersumpah Bakal Dukung Rusia, Bikin Amerika Serikat Geram

China meyakinkan Rusia bahwa pihaknya akan mendukung Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Xi Jinping pada Rabu (15 Juni 2022) meyakinkan Vladimir Putin tentang dukungan China pada "kedaulatan dan keamanan" Rusia - membuat Washington memperingatkan Beijing bahwa itu berisiko berakhir dengan buruk. 

China telah menolak untuk mengutuk serangan militer besar-besaran Moskow di Ukraina dan telah dituduh memberikan perlindungan diplomatik untuk Rusia dengan mengecam sanksi Barat dan penjualan senjata ke Kiev. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Jumat (17/6/2022). 

China "bersedia untuk terus menawarkan dukungan timbal balik (kepada Rusia) pada isu-isu mengenai kepentingan inti dan keprihatinan utama seperti kedaulatan dan keamanan", penyiar negara CCTV melaporkan Xi mengatakan selama panggilan dengan Presiden Putin.

Itu adalah panggilan telepon kedua yang dilaporkan antara kedua pemimpin sejak Putin melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari.

Menurut CCTV, Xi memuji "momentum pembangunan yang baik" dalam hubungan bilateral sejak awal tahun "dalam menghadapi gejolak dan perubahan global".

Beijing bersedia "mengintensifkan koordinasi strategis antara kedua negara", kata Xi.

Kremlin mengatakan kedua pemimpin telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dalam menghadapi sanksi Barat yang "melanggar hukum".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons AS

"Disepakati untuk memperluas kerja sama di bidang energi, keuangan, industri, transportasi, dan bidang lainnya, dengan mempertimbangkan situasi ekonomi global yang semakin rumit karena kebijakan sanksi yang tidak sah dari Barat," kata Kremlin setelah pertemuan tersebut.

Tetapi Amerika Serikat dengan cepat menimbang dengan jawaban dingin atas keselarasan yang diungkapkan Beijing dengan Moskow.

"China mengklaim netral, tetapi perilakunya memperjelas bahwa mereka masih berinvestasi dalam hubungan dekat dengan Rusia," kata juru bicara Departemen Luar Negeri.

Washington "memantau aktivitas China dengan cermat", termasuk bagaimana, hampir empat bulan setelah perang Rusia di Ukraina, raksasa Asia "masih menggemakan propaganda Rusia di seluruh dunia" dan menyarankan kekejaman Moskow di Ukraina "dipentaskan", kata pejabat itu.

"Negara-negara yang berpihak pada Vladimir Putin pasti akan menemukan diri mereka berada di sisi sejarah yang salah."

3 dari 4 halaman

Sanksi Barat Terhadap Rusia

Barat telah menerapkan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Rusia sebagai pembalasan atas invasinya ke Ukraina, dan Moskow menganggap bahwa Eropa dan Amerika Serikat telah menyebabkan perlambatan ekonomi global.

Moskow juga mencari pasar dan pemasok baru untuk menggantikan perusahaan asing besar yang meninggalkan Rusia setelah invasi.

Uni Eropa dan Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa setiap dukungan dari Beijing untuk perang Rusia, atau bantuan bagi Moskow untuk menghindari sanksi Barat, akan merusak hubungan.

China dan India adalah dua ekonomi utama yang belum mengambil bagian dalam tindakan pembalasan terhadap Moskow.

Di mata pejabat China, Eropa telah membiarkan diri mereka tersedot untuk mendukung Ukraina, atas inisiatif Washington, dalam sebuah langkah yang bertentangan dengan kepentingan mereka sebagai konsumen gas Rusia.

4 dari 4 halaman

Hubungan China-Rusia

Pernah menjadi musuh Perang Dingin, Beijing dan Moskow telah meningkatkan kerja sama dalam beberapa tahun terakhir sebagai penyeimbang dari apa yang mereka lihat sebagai dominasi global AS.

Pasangan ini semakin dekat di bidang politik, perdagangan dan militer sebagai bagian dari apa yang mereka sebut hubungan "tanpa batas" .

Pekan lalu mereka meluncurkan jembatan jalan pertama yang menghubungkan kedua negara, menghubungkan kota Blagoveshchensk di timur jauh Rusia dengan kota Heihe di China utara.

Beijing adalah mitra dagang terbesar Moskow, dengan volume perdagangan tahun lalu mencapai US$147 miliar, menurut data bea cukai China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.