Sukses

4 Kelebihan Ferdinand Marcos Jr hingga Unggul dalam Pilpres Filipina

Ferdinand Marcos Jr, putra dan senama mendiang diktator, berada di ambang kemenangan dalampemilihan presiden Filipina dengan telak

Liputan6.com, Jakarta - Ferdinand Marcos Jr, putra dan senama mendiang diktator, berada di ambang kemenangan dalam pemilihan presiden Filipina dengan telak, menurut hasil awal dan tidak resmi. Ia berpotensi mengembalikan dinasti Marcos ke Istana Malacañang, 36 tahun setelah keluarga melarikan diri dari pemberontakan massal.

Dengan lebih dari 95% suara dihitung, Marcos Jr memiliki sekitar 30 juta suara, lebih dari dua kali lipat saingan terdekatnya, Wakil Presiden Leni Robredo, yang memiliki sekitar 14 juta suara, menurut penghitungan parsial dan tidak resmi dari Komisi Pemilihan Umum (Comelec). Demikian seperti dikutip dari laman CNN, Rabu (11/5/2022). 

Hasil resmi Pilpres Filipina 2022, bagaimanapun, bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk dikonfirmasi.

Dikenal sebagai "Bongbong" di Filipina, Marcos Jr adalah putra Ferdinand Marcos Sr, yang pemerintahannya selama 21 tahun ditandai dengan pelanggaran hak asasi manusia dan korupsi yang meluas. 

Kendati demikian, Marcos Jr juga memiliki sejumlah keunggulan yang berhasil membawanya ke puncak kemenangan pada pemilu Filipina 2022

Menurut laman TIME, keunggulan Marcos Jr adalah sebagai berikut:

1. Punya Tim yang Kuat

Dia telah bekerja sama dengan putri mantan presiden populis Rodrigo Duterte, Sara Duterte, yang mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Mereka membuat tim yang tangguh, dan menuju kemenangan telak dalam jajak pendapat 9 Mei. Ferdinand Marcos Jr. telah mendapatkan 30 juta suara dalam penghitungan awal, lebih dari dua kali lipat saingan terdekatnya—wakil presiden saat ini Leni Robredo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Dapat Dukungan Anak Muda

Jajak pendapat awal menunjukkan satu titik data penting: Mayoritas pendukung Marcos adalah mereka yang berusia di bawah 30 tahun, pemilih yang tidak lahir ketika ayahnya memberlakukan darurat militer nasional dan memimpin pelanggaran hak asasi manusia, korupsi, dan perlambatan ekonomi besar-besaran.

Marcos yang lebih muda juga tahu di mana harus bertemu dengan para pendukung ini: timnya terlibat dengan jutaan pengguna di platform sosial—terutama TikTok dan Facebook—baik di dalam maupun di luar Filipina.

"Dia adalah orang yang berhati-hati," kata Reian Azcune, pemilih berusia 20 tahun di provinsi Rizal.

"Dalam semua kampanye dan aksi unjuk rasa, dia tidak pernah benar-benar bermaksud mengolok-olok orang lain, atau dia tidak pernah memfitnah siapa pun."

3. Junjung Persatuan

Kampanye presiden tahun 2022 Marcos Jr. menjunjung “persatuan” sebagai sarana untuk mengangkat negara dari kelesuan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Terlepas dari pesan ini, ia telah menjadi kandidat yang paling memecah belah dalam perlombaan. Lawan politik mengutuk pelanggaran hak asasi manusia selama kediktatoran ayahnya, miliaran dolar dalam kekayaan haram, dan pajak keluarga yang belum dibayar. Mereka juga menunjukkan bahwa ibunya, Imelda Marcos telah berhasil menghindari hukuman penjara, meskipun dihukum karena korupsi.

3 dari 5 halaman

4. Jadi Pilihan Segar untuk Kaum Muda

Pekerja luar negeri Filipina, Sherina Erno tidak berencana memilih Bongbong Marcos dalam jajak pendapat. Keluarga Marcos, katanya, telah "memerintah dengan darurat militer begitu lama. Jadi mengapa Filipina masih berantakan?"

Kritikus mengatakan kemenangan Bongbong Marcos akan menimbulkan ancaman besar bagi demokrasi Filipina. 

Negara Asia Tenggara berpenduduk 110 juta orang ini telah mengalami perang narkoba berdarah Duterte dan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat, yang sangat mengingatkan pada tahun-tahun brutal Marcos Sr berkuasa.

Tetapi bagi mereka yang tidak mengalami rezim ayahnya, Marcos yang lebih muda tampaknya menawarkan pilihan yang menyegarkan—terutama setelah presiden-presiden sebelumnya gagal mengatasi kemiskinan yang parah, infrastruktur yang lemah, dan korupsi yang mengakar yang mendominasi kehidupan sehari-hari begitu banyak orang Filipina.

"Anda memiliki suksesi administrasi yang benar-benar gagal memenuhi cita-cita dan aspirasi fundamental rakyat Filipina, yang diungkapkan dalam revolusi 1986," kata Richard Heydarian, seorang profesor ilmu politik dan pakar geopolitik Asia yang berbasis di Manila.

4 dari 5 halaman

Sejarah Pemerintahan Keluarga Marcos

Marcos memberlakukan darurat militer nasional pada bulan September 1972 sebagai tanggapan atas meningkatnya protes dari libertarian sipil dan ancaman pemberontakan komunis.

Data dari Amnesty International menunjukkan bahwa ketika Marcos berkuasa, sekitar 70.000 “musuh negara” ditahan, sekitar 34.000 di antaranya disiksa, dan lebih dari 3.000 dibunuh. Outlet media independen juga ditutup. Penindasan berlangsung selama sembilan tahun.

Para loyalisnya mengatakan periode itu adalah zaman keemasan pembangunan. Pusat kebudayaan , rumah sakit spesialis, dan bahkan pembangkit listrik tenaga nuklir didirikan, sebagian besar didanai oleh pinjaman luar negeri. Tetapi pembangkit listrik itu tidak pernah digunakan, dan utang luar negeri negara itu melonjak dari $800 juta pada awal masa jabatan pertama Marcos pada tahun 1965 menjadi $28,3 miliar ketika ia digulingkan—lebih dari 80% dari PDB negara itu. Pada tahun 1984, PDB Filipina menyusut dengan rekor 7% —kontraksi terburuk sejak Perang Dunia II. 

“Kapitalisme kroni,” di mana Marcos mengutamakan kepentingan bisnis teman dan kerabat, disalahkan.

Keluarga Marcos juga dituduh mencuri hingga $10 miliar dari kas negara, klaim yang berulang kali mereka bantah meskipun pihak berwenang telah memulihkan sekitar $3,3 miliar kekayaan yang tidak dapat dijelaskan.

5 dari 5 halaman

Bongbong Marcos Jadi Populer

Lawan Marcos Jr. berulang kali mengangkat sejarah pemerintahan ayahnya, tetapi para ahli mengatakan itu menjadi bumerang. 

"Banyak orang memilih Marcos, bukan karena mereka lebih menyukai Marcos; mereka hanya tidak suka diberi tahu dan diperlakukan sebagai [orang] yang buruk," kata Antonio Contreras, seorang analis politik di Manila. "Tidak ada yang suka itu."

Para pemilih telah terombang-ambing oleh keputusannya untuk menghindari kekacauan, dan mereka menyetujui janjinya untuk menyatukan negara sambil melanjutkan warisan Rodrigo Duterte. "Seorang pemimpin hebat tidak perlu mempengaruhi seseorang dengan kebencian," kata pemilih berusia 20 tahun Azcune.

Pesan positif ini meluas ke platform media sosial Marcos, di mana konten politik diselingi dengan vlog keluarga yang ringan. Dia memiliki lebih dari 1,2 juta pengikut di TikTok, sekitar 2 juta pelanggan di YouTube, dan 5,3 juta pengikut lainnya di Facebook. Fatima Gaw, asisten profesor penelitian komunikasi di Universitas Filipina, mengatakan "hampir tidak mungkin" untuk membedakan antara propaganda dan dukungan sejati pada platform semacam itu.

Marcos Jr. juga diuntungkan dari basis kekuatan yang ada di provinsi-provinsi utara, di negara di mana politik secara inheren bersifat dinasti. Dia memasuki politik untuk pertama kalinya di provinsi asalnya, Ilocos Norte pada tahun 1981, sebagai wakil gubernur berusia 23 tahun.

Keluarga Marcos kembali dari pengasingan pada tahun 1991 dan mulai dengan cerdik mengubah citranya. Bongbong Marcos menjadi senator pada 2010, dan mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada 2016, meskipun tidak berhasil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini