Sukses

Ferdinand Marcos Jr di Puncak Kemenangan dalam Pilpres Filipina

Ferdinand Marcos Jr berada di puncak kemenangan dalam pemilu Filipina.

Liputan6.com, Jakarta - Ferdinand Marcos Jr, putra dan senama mendiang diktator, berada di ambang memenangkan pemilihan presiden Filipina dengan telak, menurut hasil awal dan tidak resmi. Ia berpotensi mengembalikan dinasti Marcos ke Istana Malacañang, 36 tahun setelah keluarga melarikan diri dari pemberontakan massal.

Dengan lebih dari 95% suara dihitung, Marcos Jr memiliki sekitar 30 juta suara, lebih dari dua kali lipat saingan terdekatnya, Wakil Presiden Leni Robredo, yang memiliki sekitar 14 juta suara, menurut penghitungan parsial dan tidak resmi dari Komisi Pemilihan Umum (Comelec). Demikian seperti dikutip dari laman CNN, Rabu (11/5/2022). 

Hasil resmi Pilpres Filipina, bagaimanapun, bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk dikonfirmasi .Dikenal sebagai "Bongbong" di Filipina, Marcos Jr adalah putra Ferdinand Marcos Sr, yang pemerintahannya selama 21 tahun ditandai dengan pelanggaran hak asasi manusia dan korupsi yang meluas. 

Analis mengatakan kebangkitan Marcos Jr adalah puncak dari upaya selama puluhan tahun untuk mengubah citra nama dan citra keluarga Marcos, yang terbaru melalui media sosial.

Mantan senator itu berterima kasih kepada para pendukungnya atas kepercayaan mereka kepadanya dalam pidato Senin malam.

"Meskipun penghitungan belum selesai, saya tidak sabar untuk berterima kasih kepada Anda semua ... kepada mereka yang membantu, kepada mereka yang bergabung dengan perjuangan kami, kepada mereka yang berkorban," katanya.

Calon wakil presiden Marcos Jr adalah Sara Duterte Carpio, putri pemimpin populis Rodrigo Duterte. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Protes Terhadap Marcos

Pada hari Selasa, para demonstran, sebagian besar mahasiswa dan anggota kelompok progresif, berkumpul di ibukota Manila di luar komisi pemilihan Filipina memegang spanduk dan meneriakkan slogan-slogan untuk memprotes Marcos dan apa yang mereka katakan sebagai penyimpangan pemilihan.

Marcos Jr menjalankan platform "persatuan" dan telah menjanjikan lebih banyak pekerjaan, harga lebih rendah, dan lebih banyak investasi di bidang pertanian dan infrastruktur.

Analis politik mengatakan Marcos Jr mengimbau rakyat Filipina yang lelah dengan pertengkaran politik dan janji-janji kemajuan dan reformasi ekonomi dari pemerintahan berturut-turut yang menurut banyak orang telah gagal memberi manfaat bagi rakyat biasa.

Jajak pendapat menunjukkan dia memimpin dengan lebih dari 30 poin persentase menjelang pemilihan hari Senin.

Robredo, yang selama kampanye memposisikan dirinya sebagai mempromosikan pemerintahan yang baik, transparansi dan hak asasi manusia, mengatakan kepada para pendukungnya pada hari Senin, "kita belum selesai, kita baru saja mulai."

"Kami memulai sesuatu yang belum pernah disaksikan sebelumnya dalam seluruh sejarah negara ini: kampanye yang dipimpin oleh orang-orang," katanya, menurut CNN Filipina.

3 dari 4 halaman

Kampanye Marcos

Marcos Jr mengaitkan kampanyenya dengan warisan ayahnya, dengan slogannya "bangkit kembali" menyentuh nostalgia beberapa orang yang melihat periode di bawah Marcos Sr sebagai era keemasan bagi negara.

Pendukung keluarga Marcos mengatakan periode itu adalah masa kemajuan dan kemakmuran, yang ditandai dengan pembangunan infrastruktur utama seperti rumah sakit, jalan, dan jembatan.

Para kritikus mengatakan itu adalah ilusi dan proyek-proyek itu didorong oleh korupsi yang meluas, pinjaman luar negeri, dan utang yang membengkak.Puluhan ribu orang dipenjara, disiksa atau dibunuh selama periode darurat militer dari tahun 1972 hingga 1981, menurut kelompok hak asasi manusia.

Komisi Kepresidenan Filipina untuk Tata Kelola yang Baik (PCGG), yang ditugaskan untuk memulihkan kekayaan keluarga dan rekanan mereka yang tidak sah, memperkirakan sekitar $ 10 miliar dicuri dari orang-orang Filipina. 

4 dari 4 halaman

Keterlibatan Keluarga Marcos

Keluarga Marcos telah berulang kali membantah pelanggaran di bawah darurat militer dan menggunakan dana negara untuk penggunaan pribadi mereka. Para pegiat mengatakan keluarga Marcos tidak pernah dimintai pertanggungjawaban sepenuhnya dan para korban darurat militer masih berjuang untuk keadilan.

Marcos Jr berusia 29 tahun ketika keluarganya diasingkan di Hawaii menyusul revolusi People Power yang menggulingkan rezim ayahnya pada 1986.

Marcos Sr meninggal di pengasingan tiga tahun kemudian, tetapi keluarganya kembali pada 1991 dan menjadi kaya, politisi berpengaruh, dengan suksesi anggota keluarga yang mewakili benteng dinasti mereka di Ilocos Norte.

Jurnalis Maria Ressa, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2021 dan presiden dan kepala eksekutif outlet media lokal Rappler, mengatakan kepada CNN bahwa kemenangan Marcos menunjukkan "bukan hanya orang Filipina tetapi dunia, dampak disinformasi terhadap demokrasi."

"Dia akan menentukan masa depan negara ini tetapi sekaligus masa lalunya."

Marcos Jr tampaknya akan menggantikan Presiden Duterte, yang dikenal secara internasional karena menindak masyarakat sipil dan media dan perang berdarah terhadap narkoba yang menurut polisi telah merenggut nyawa lebih dari 6.000 orang.

Terlepas dari catatannya tentang hak asasi manusia dan pandemi Covid-19, yang memperburuk krisis kelaparan di negara itu, Duterte tetap sangat populer di dalam negeri. Pemilu juga memiliki konsekuensi di luar batas negara.

Dengan China dan AS yang semakin memperlakukan Indo-Pasifik sebagai panggung pertikaian global mereka, Filipina kemungkinan akan berada di bawah tekanan ekonomi dan geopolitik yang semakin besar, terutama karena klaim teritorialnya di Laut China Selatan tumpang tindih dengan klaim Beijing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.