Sukses

Rusia Bom Teater Mariupol Tempat Berlindung Sekitar 1.200 Warga Sipil

Wakil Wali Kota Mariupol di Ukraina, Sergei Orlov mengatakan kepada BBC antara 1.000 dan 1.200 orang telah mencari perlindungan di gedung teater yang jadi target serangan bom Rusia.

Liputan6.com, JaMariupol -karta Pasukan Rusia menjatuhkan bom di sebuah teater tempat warga sipil berlindung di Kota Mariupol yang terkepung, kata pejabat setempat.

Wakil Wali Kota Sergei Orlov mengatakan kepada BBC antara 1.000 dan 1.200 orang telah mencari perlindungan di gedung itu. Jumlah korban masih belum diketahui.

BBC belum dapat memverifikasi informasi tersebut secara independen.

Serangan udara dan peluru Rusia sebelumnya telah menghantam rumah sakit bersalin, gereja, dan menara apartemen.

Pihak berwenang setempat mengatakan sedikitnya 2.400 orang telah tewas di Mariupol sejak dimulainya perang, meskipun mereka mengakui bahwa ini mungkin perkiraan yang terlalu rendah. Banyak dari mereka yang meninggal dimakamkan di kuburan massal.

Diperkirakan 300.000 penduduk terjebak di dalam kota, di mana aliran air, listrik dan gas telah terputus. Pasokan makanan dan air hampir habis, karena pasukan Rusia tidak mengizinkan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Dewan Kota Mariupol mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pasukan Rusia "dengan sengaja dan sinis menghancurkan" teater tersebut, dengan mengatakan "sebuah pesawat menjatuhkan bom di sebuah gedung tempat ratusan penduduk Mariupol yang damai bersembunyi".

Pernyataan itu mengatakan skala serangan itu masih belum jelas karena kota itu terus ditembaki. Sebuah gambar yang dirilis oleh dewan kota, dan diverifikasi oleh BBC, menunjukkan asap mengepul dari gedung, dengan fasad benar-benar runtuh.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan ini adalah "kejahatan perang mengerikan lainnya di Mariupol" dan bahwa "Rusia tidak mungkin tidak mengetahui bahwa ini adalah tempat perlindungan sipil".

BBC telah diberitahu bahwa banyak anak-anak dan orang tua berlindung di dalam, dan kondisi itu dengan cepat memburuk.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rusia Sengaja Targetkan Anak-anak?

Perusahaan AS Maxar sempat merilis gambar satelit yang diambil pada 14 Maret, yang katanya menunjukkan kata "anak-anak" telah ditulis dalam bahasa Rusia di trotoar di luar gedung.

Beberapa jam setelah berita kehancuran muncul, kementerian pertahanan Rusia membantah telah melakukan serangan udara terhadap teater tersebut, kantor berita RIA melaporkan.

Sekitar 1.500 mobil berhasil melarikan diri dari Mariupol pada Rabu, menurut Orlov, wakil walikota. Namun, katanya, serangan Rusia terhadap konvoi itu menyebabkan sedikitnya lima orang terluka, termasuk seorang anak.

Peter Maurer, presiden Komite Internasional Palang Merah, menyerukan akses yang lebih baik kepada warga sipil yang terperangkap dalam perang, yang menurutnya menyebabkan "penderitaan yang luar biasa". Maurer, yang tiba di Ukraina untuk kunjungan lima hari, menggambarkan situasi di Mariupol sebagai "mimpi buruk yang terbangun".

Di tempat lain, sedikitnya 10 orang yang mengantre untuk mendapatkan roti di utara kota Chernihiv tewas oleh tembakan pasukan Rusia, kata jaksa agung negara itu. Rekaman yang belum diverifikasi yang dirilis oleh outlet lokal menunjukkan jasad tergeletak di jalan.

3 dari 3 halaman

Infografis Upaya Gencatan Senjata Rusia-Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.