Sukses

Kronologi Evakuasi 99 WNI dari Ukraina yang Perang dengan Rusia

Berikut ini kronologi evakuasi WNI yang disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Press Briefing Virtual Menlu RI tentang Perkembangan Evakuasi WNI dari Ukraina yang perang dengan Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) telah menginformasikan bahwa sudah 99 WNI keluar dari Ukraina yang tengah perang dengan Rusia.

Berikut ini kronologi evakuasi WNI yang disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Press Briefing Virtual Menlu RI tentang Perkembangan Evakuasi WNI dari Ukraina pada Selasa (1/3/2022):

1. 25 WNI yang dievakuasi melalui Odessa sudah tiba di Bucharest pada 27 Februari pukul 16.30 waktu setempat. WNI yang dievakuasi semuanya perempuan dan 1 anak berumur sekitar 12 tahun. Tim evakuasi bergerak dari Tulcea perbatasan Rumania-Moldova pada Sabtu 26 Februari pukul 06.00 pagi, dan kembali pukul 27 Februari pukul 16.30.

Lama perjalanan secara total yang ditempuh oleh tim evakuasi sekitar 35 jam dengan bis. Waktu normal lama perjalanan tidak lebih dari 10 jam, tim evakuasi melewati lima kali pemeriksaan dan checkpoint di Ukraina, dan perbatasan terjadi antrean mobil sekitar 10 km.

Semua WNI dalam kondisi sehat, 1 positif COVID-19 dan sudah mendapat penanganan.

2. Enam WNI dan satu WNA (suami WNI), 27 Februari berhasil diseberangkan, dievakuasi dari Lviv ke Rzeszow Polandia.

6 WNI tersebut dua perempuan dewasa, tiga anak dan satu bayi.

Tim KBRI Warsawa berangkat safe house di Rzeszow pukul 07.30 pagi, tiba kembali dengan para evacuee pukul 20.45 malam.

Jalur perbatasan Rumania mengalami antrean sangat panjang sekitar 30 km khususnya di sekitar perbatasan.

Mereka saat ini sudah di safe house Rzeszow Polandia.

3. 4 WNI yang terdiri dari dua pria, dua anak, dua WNA spouse WNI yang juga dijemput tim KBRI Warsawa dari Mc D Ternopil, Lviv(Ukraina) menuju Polandia, dengan jarak tempuh 150 km. Mereka telah tiba di safe house, 28 Februari pukul 19.40 waktu setempat.

Rombongan tersebut antre dua jam di perbatasan check point Polandia.

4. Rombongan terbesar, 59 WNI dan satu WNA dari Kiev telah berhasil diseberangkan ke wilayah Moldova, dan dalam perjalanan menuju Rumania.

Evakuasi dari Kiev ini sebelumnya direncanakan 27 Februari 2022 melalui Kota Lviv menuju Polandia, namun karena adanya kebijakan curfew dan beberapa tantangan infrastruktur jalan yang diakibatkan peperangan maka evakuasi terpaksa harus ditata ulang kembali.

Penetapan jalur yang diambil setelah konsultasi compare notes dengan banyak pihak, termasuk komunikasi dengan menlu luar, termasuk menlu Turki dan India yang mengalami situsasi sama.

"Alhamdulillah akhirnya bisa dilakukan pada 28 Februari melalui jalur selatan melalui Vinnytsia, menuju Bucharest Rumania atau melalui Moldova," kata Menlu Retno.

Proses evakuasi menggunakan 12 mobil dengan jalur alternatif guna menghindari antrean dan macet jalur utama. Rombongan berangkat dari KBRI Kiev pukul 11.30, tiba di perbatasan Moldova pukul 22.00 sekitar pukul 03.00 dini hari 1 Maret waktu Jakarta.

"Sebelum berangkat dari Kiev saya sempat melakukan komunikasi dengan evacuee dan perjalanan kita pantau," kata Menlu Retno lagi.

Dengan telah menyeberangnnya WNI tersebut, makan sebagian besar WNI sudah dapat dievakuasi. "Jumlah total yang beada di luar Ukraina 99 WNI dan 5 WNA yang merupakan keluarga."

"99 WNI sudah keluar dari Ukraina, termasuk 5 WNI yang melakukan evakuasi mandiri. Saat ini, mereka berada di dua titik aman yaitu Bucharest Rumania dan Rzeszow Polandia," rinci menlu Retno.

Langkah selanjutnya yaitu mengambil jalur udara untuk mengambil para WNI yang berada di dua titik Rumania, Polandia. Saat ini sedang terus dikaji.

"Setelah evacuee berada di titik aman, langkah selanjutnya adalah penjemputan dengan pesawat ke Indonesia."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 WNI Belum Dievakuasi, 24 WNI Memilih Tinggal

Kendati demikian ada sejumlah di antaranya yang belum dapat dievakuasi melihat kondisi yang tak memungkinkan.

"Masih terdapat 4 WNI di Kharkiv dan 9 WNI Chernihiv sebelah utara Ukraina. Mereka belum dapat dievakuasi, mengingat pertempuran darat terus terjadi," ujar Menlu Retno dalam Press Briefing Virtual Menlu RI tentang Perkembangan Evakuasi WNI dari Ukraina pada Selasa (1/3/2022).

KBRI Kiev di Ukraina dan Moskow di Rusia terus melakukan kontak, mereka dalam kondisi sehat dan memilik pasokan logistik cukup.

"Pemerintah menunggu saat yang tepat untuk menunggu evakuasi," tegas Menlu Retno.

Selain itu terdapat 24 WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Ukraina karena alasan keluarga. "Mereka menikah dengan warga Ukraina," ucap Menlu Retno.

 

3 dari 4 halaman

Persebaran WNI di Ukraina

Menurut data yang dibagikan dalam press briefing, terdapat 146 WNI di Ukraina. Dengan persebaran sebagai berikut:

  • 97 WNI di Kiev
  • 25 WNI di Odesa
  • 5 WNI di Kharkiv
  • 10 WNI di Lviv
4 dari 4 halaman

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.