Sukses

WHO: Afrika Sedang dalam Masa Transisi Keluar dari Pandemi COVID-19

WHO menyatakan bahwa Afrika dalam proses transisi untuk keluar dari pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Kenya - Afrika sedang bertransisi keluar dari fase pandemi wabah Covid-19 dan bergerak menuju situasi di mana ia akan mengelola virus dalam jangka panjang, kata kepala regional Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Afrika.

“Pandemi bergerak ke fase yang berbeda,” kata Dr Matshidiso Moeti. 

“Kami berpikir bahwa kami sedang bergerak sekarang, terutama dengan vaksinasi yang diperkirakan akan meningkat, ke dalam apa yang mungkin menjadi semacam endemik hidup dengan virus.” 

Moeti juga mengatakan jumlah infeksi COVID-19 di Afrika bisa tujuh kali lebih tinggi dari data resmi yang disarankan, dan kematian akibat virus dua hingga tiga kali lebih tinggi.

“Kami sangat menyadari bahwa masalah sistem pengawasan kami yang kami miliki di benua itu, dengan akses ke pasokan pengujian, misalnya, telah menyebabkan perkiraan kasus yang terlalu rendah,” kata Moeti dalam sebuah pengarahan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesulitan Rekam Angka Kasus Asli

Komentar Moeti mengonfirmasi mengapa pelaporan resmi dari negara-negara Afrika gagal menangkap distribusi infeksi dan kematian yang sama seperti di tempat lain di dunia. 

Beberapa orang telah menyarankan bahwa profil usia yang jauh lebih muda di seluruh negara di benua itu mungkin telah berkontribusi, tetapi sebuah konsensus bersatu di sekitar pengurangan yang signifikan di negara-negara dengan sistem pengawasan kesehatan yang lemah yang telah gagal untuk mencatat infeksi dan kematian selama dua tahun terakhir.

Menurut penghitungan oleh Universitas Johns Hopkins, infeksi yang tercatat di seluruh Afrika mencapai lebih dari 11 juta pada 10 Februari dan kematian pada 250.000. Jika perkiraan WHO benar, angka sebenarnya masing-masing bisa mendekati 70 juta dan 750.000.

Afrika adalah wilayah terbaru yang menurut WHO mungkin sedang bertransisi keluar dari fase pandemi dan bergerak menuju situasi yang lebih stabil.

Direktur regional WHO Eropa, Hans Kluge, mengatakan pekan lalu bahwa benua itu dapat segera memasuki "periode ketenangan yang panjang" yang sama dengan "gencatan senjata" dalam pandemi berkat varian Omicron yang tidak terlalu parah, tingkat kekebalan yang tinggi dan kedatangan cuaca musim semi yang lebih hangat.

3 dari 3 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19, Yuk Tetap Taat Protokol Kesehatan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.