Sukses

Cek Suara Aneh, Ini 5 Pertanda Rumah Anda Banyak Serangga

Sebuah penelitian menemukan bahwa lebih dari 100 jenis serangga yang berbeda hidup di rumah rata-rata kebanyakan orang.

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua cenderung berpikir bahwa rumah yang sedang ditempati benar-benar bebas serangga, tetapi mungkin tidak demikian.

Sebuah penelitian menemukan bahwa lebih dari 100 jenis serangga yang berbeda hidup di rumah rata-rata kebanyakan orang.

Namun tidak perlu khawatir, sebagian besar tidak berbahaya dan sangat kecil sehingga kita tidak memiliki kesempatan untuk mengetahui bahwa mereka ada di sana.

Di sisi lain, serangga yang membawa kehancuran atau membawa penyakit mungkin juga sulit dikenali.

Dikutip dari Bright Side, Senin (27/12/2021) inilah pertanda ada serangga berbahaya masuk rumah Anda:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Badan Serasa Digigit

Anda harus khawatir jika mengalami gigitan sesuatu 'makhluk' saat berada dalam rumah.

Seperti misalnya jika Anda bangun ada bekas gigitan serta bentol. Bisa jadi itu adalah tanda bahwa rumah Anda dihinggapi kutu.

Membersihkan secara menyeluruh, menyedot semua yang ada di kamar tidur Anda dan membuang barang-barang yang berantakan adalah cara mengatasi masalah ini.

 

3 dari 6 halaman

2. Mencium Bau Tak Sedap

Salah satu tanda atau jejak serangga adalah baunya. Di tempat tinggal kecoak ada bau minyak dan kotoran lain.

Gunakan sejumlah cara yang mampu mengusir serangga. Misalnya dengan soda kue, bahan yang mengandung asam borat, peppermint, atau minyak esensial serai.

 

4 dari 6 halaman

3. Suara-Suara Aneh

Anda mungkin mendengar suara-suara aneh yang datang dari dinding atau lantai, terutama di malam hari.

Jika Anda yakin itu bukan suara hantu, itu berarti serangga yang mungkin serang merayap. Serangga yang kerap membuat suara adalah rayap.

Tanda lain dari serangan rayap adalah suara hampa yang terjadi saat Anda mengetuk permukaan kayu. Segera bertindak jika Anda memiliki masalah rayap: mereka sangat merusak dan dapat membuat rumah Anda tidak aman.

 

5 dari 6 halaman

4. Cat Mengelupas

Ini adalah tanda lain dari serangan rayap. Serangga ini hidup tepat di bawah permukaan kayu, itulah sebabnya cat tidak memiliki apa pun untuk dipegang, sehingga lapisan tipis cat mulai mengelupas atau menggelegak.

Selain itu, rayap membutuhkan kelembaban, dan ini adalah alasan lain dari kerusakan pada kayu yang dicat. Ada banyak cara untuk menyingkirkan serangga ini, tetapi lebih baik serahkan pada ahlinya.

 

6 dari 6 halaman

5. Kain dan Tanaman Rusak

Jika Anda menemukan lubang di pakaian, Anda mungkin memiliki masalah ngengat. Serangga ini hidup di lemari, karena serat alami (wol, sutra, dll.) adalah sumber makanan bagi hewan itu.

Untuk menghilangkannya, cuci semua pakaian, lalu bersihkan rumah dengan baik. Pembersihan uap dan penyedotan debu akan sangat membantu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.