Sukses

Mengapa Anjing Memiringkan Kepalanya? Ini Kata Ahli

Penelitian terbaru tahun 2021 mengungkapkan alasan mengapa anjing memiringkan kepalanya.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan memiringkan kepalanya sedikit ke samping, seekor anjing dapat meluluhkan hati kucing yang paling keras sekalipun. Kebanyakan orang menganggap perilaku ini menggemaskan, tetapi hanya sedikit yang tahu mengapa anjing melakukannya.

Apakah anjing entah bagaimana menyadari efeknya pada manusia, menggunakan trik lucu untuk mengeksploitasi kita demi kasih sayang?

Mengutip dari Mental Floss, Rabu (24/11/2021), para ahli mengatakan jawaban sebenarnya terletak pada kemampuan anjing Anda untuk memproses informasi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Animal Cognition pada Oktober 2021, anjing memiringkan kepala mereka ketika mereka mengenali kata-kata yang penting.

Sebuah tim ilmuwan dari pusat penelitian Family Dog Project mengamati 40 anjing untuk penelitian ini. Selama tiga bulan, pemilik hewan peliharaan mengajari mereka nama-nama mainan yang berbeda.

Sebagian besar anjing tidak mengetahui perbedaan antara kata-kata pada akhir percobaan, tetapi mereka yang mengetahui perbedaan menunjukkan perilaku yang menarik. Ketika anjing yang disebut "berbakat" ini mendengar nama mainan tertentu, mereka memiringkan kepala ke satu sisi seolah-olah sedang mendengarkan lebih dekat.

Seperti yang ditulis para peneliti dalam penelitian ini, perilaku ini menunjukkan bahwa hewan peliharaan mengenali nama-nama itu sebagai kata-kata penting yang menjamin semua perhatian mereka.

Hal yang sama berlaku ketika Anda memberikan pujian kepada anak anjing Anda. Anjing mampu mengenali bagian-bagian tertentu dari bahasa manusia, jadi ketika mereka memiringkan kepala saat Anda berbicara dengan mereka, mungkin mereka mendengarkan kata-kata dan infleksi tertentu yang mereka kaitkan dengan aktivitas menyenangkan seperti makan dan waktu bermain.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membaca Ekspresi

Kemiringan kepala mungkin juga ada hubungannya dengan bagaimana telinga anjing dibuat. Meskipun anjing merasakan frekuensi yang tidak dapat didengar manusia, kemampuan mereka untuk mendeteksi sumber suara kurang tepat dibandingkan dengan kita.

Otak anjing menghitung perbedaan yang sangat kecil antara waktu yang diburuhkan suara untuk mencapai setiap telinga sehingga perubahan sederhana pada posisi kepala dapat memberikan mereka informasi sensorik yang berguna. Ketika anjing memiringkan kepala, beberapa ahli percaya bahwa mereka sedang menyesuaikan pinnae, atau telinga luar mereka, untuk menentukan lokasi suara dengan lebih baik.

Stanley Coren dari Psychology Today percaya bahwa visi juga ada hubungannya dengan perilaku ini. Jika Anda mencoba memegang kepalan tangan di depan hidung, Anda bisa merasakan bagaimana rasanya melihat dunia dengan moncong.

Saat melihat seseorang berbicara, moncong ini akan menghalangi bagian bawah wajahnya dari pandangan, dan jika Anda memiringkan kepala ke satu sisi, Anda akan dapat melihatnya dengan lebih jelas. Selain bisa merasakan isyarat emosional dalam suara kita, anjing juga bisa membaca ekspresi kita.

Saat melihat kepala ke samping, Coren menduga bahwa anjing mencoba untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik dari mulut kita, yaitu asal isyarat wajah kita yang paling ekspresif.

3 dari 4 halaman

Anjing Marah Tanda Empati

Namun, studi tahun 2021 dalam Kognisi Hewan memperumit teori-teori ini. Anjing-anjing yang memiringkan kepala sebagai tanggapan atas nama-nama mainan favorit mereka cenderung memiringkannya ke sisi tertentu, tidak peduli dari arah mana perintah itu berasal.

Jadi, meskipun memiringkan kepala dapat membantu anjing melihat atau mendengarkan lebih baik dalam beberapa kasus, faktor fisiologis ini tidak menjelaskan setiap kejadian. Adapun mengapa beberapa anjing cenderung menyandarkan kepala mereka ke sisi yang sama, para peneliti tidak tahu pasti. Kita tahu bahwa anjing juga bisa kidal sama seperti manusia.

Jika anjing Anda sering menjadi pemarah, ini bisa berarti dia sangat berempati. Beberapa ahli telah melaporkan bahwa anjing yang lebih khawatir secara sosial cenderung tidak memiringkan kepala saat diajak bicara.

Namun, jika anjing Anda tidak menunjukkan perilaku ini, tidak perlu secara otomatis melabeli mereka sebagai sosiopat. Dan bahkan, jika memiringkan kepala memang berasal dari naluri, semakin banyak pemilik menanggapinya dengan penguatan positif.

 

Penulis: Anastasia Merlinda

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Tips Bantu Anak Terbiasa Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini