Sukses

Amerika Serikat Jadi Donor Vaksin COVID-19 Terbesar Bagi COVAX

Sebanyak 2.632.500 dosis tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu, 20 November, dan 866.970 dosis tiba pada Senin, 22 November 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat adalah donor terbesar bagi COVAX, dengan komitmen total senilai 34 miliar dolar AS, yang telah membantu Gavi memfasilitasi sumbangan lebih dari 36 juta dosis vaksin untuk Indonesia.

Secara bilateral, rakyat Amerika Serikat telah mendonasikan 16,9 juta dosis vaksin Moderna dan Pfizer kepada Indonesia melalui inisiatif COVAX, di bawah kemitraan dengan pemerintah Indonesia dan UNICEF.

Secara global, Amerika Serikat telah mengirimkan lebih dari 200 juta dosis vaksin COVID-19, dan ratusan juta dosis lainnya sedang dalam perjalanan.

Amerika Serikat kembali mendonasikan tambahan 3,5 juta dosis vaksin Pfizer untuk Indonesia melalui kemitraan dengan COVAX.

Sebanyak 2.632.500 dosis tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu, 20 November, dan 866.970 dosis tiba pada Senin, 22 November.

Vaksin yang aman dan efektif ini akan melindungi nyawa di Indonesia dan membantu mencegah penyebaran varian-varian baru yang berbahaya.

"Kami bangga dengan kontribusi kami untuk respons kuat Indonesia terhadap COVID-19 hingga saat ini," kata Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Y. Kim.

"Vaksin yang aman dan efektif tetap penting untuk mempertahankan kemajuan terkini, sehingga Amerika Serikat berkomitmen untuk terus menyumbangkan dosis-dosis vaksin nya ke Indonesia, serta ke seluruh kawasan dan ke seluruh dunia. Amerika Serikat dan Indonesia adalah mitra dan teman dekat, dan donasi ini adalah hal yang benar untuk dilakukan."

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumbangan Vaksin COVID-19 pada Negara Berkembang

Amerika Serikat mendonasikan 1,1 miliar dosis vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech kepada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di seluruh dunia.

Dengan komitmen monumental ini berarti Amerika Serikat mendonasikan tiga dosis kepada dunia untuk tiap satu dosis yang diberikan di dalam negeri AS. Sejak awal pandemi, pemerintah AS telah menyediakan lebih dari 77 juta dolar untuk mendukung respons COVID-19 di Indonesia, yang merupakan tambahan dari lebih dari satu miliar dolar dalam bentuk bantuan terkait kesehatan selama 20 tahun terakhir.

Amerika Serikat bekerja sama dengan Indonesia untuk mempercepat deteksi dan pelacakan kasus COVID-19, meningkatkan kemampuan laboratorium, surveilans penyakit, dan kapasitas respons cepat, serta memastikan lebih banyak orang tahu apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri mereka sendiri dan satu sama lainnya.

Sejak Maret 2020, dukungan kami telah menjangkau 165 juta orang di Indonesia, atau 60 persen dari populasi Indonesia. Amerika Serikat telah membantu sekitar 43.000 tenaga kesehatan garis depan dan memperkuat lebih dari 1.300 rumah sakit dan klinik di seluruh Indonesia. Kami terus berkomitmen untuk bermitra dengan pemerintah dan rakyat Indonesia untuk menyelamatkan nyawa dan mendukung pembukaan kembali sektor ekonomi Indonesia secara aman.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Bantu Orang Lain Dapatkan Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.