Sukses

Rusia Tambah Daftar Jurnalis Agen Asing Usai Wartawan Raih Nobel Perdamaian

Beberapa jam setelah editor independen Dmitry Muratov bersama-sama dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian, Rusia telah menunjuk beberapa publikasi dan jurnalis sebagai agen asing.

Liputan6.com, Moskow - Beberapa jam setelah editor independen Dmitry Muratov bersama-sama dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian, pihak berwenang Rusia telah menunjuk beberapa publikasi dan jurnalis sebagai agen asing.

Kelompok investigasi Bellingcat dan wartawan BBC Rusia Andrei Zakharov termasuk di antara mereka yang terdaftar, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (9/10/2021).

Istilah "agen asing" digunakan oleh Soviet untuk pembangkang politik dan kritikus tajam terhadap Rusia.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, itu telah digunakan untuk memberi label organisasi media independen, jurnalis dan LSM yang dipandang menerima dana asing.

Sebelumnya pada Jumat 8 Oktober 2021, komite Nobel memuji Muratov, yang ikut mendirikan surat kabar independen Novaya Gazeta, karena membela kebebasan berbicara di Rusia.

Meskipun publikasinya adalah salah satu dari sedikit surat kabar independen yang menghindari label agen asing, dia mengatakan dalam menanggapi penghargaan tersebut: "Kami akan mencoba membantu orang-orang yang telah ditunjuk sebagai agen [asing], yang sedang diburu dan dipaksa keluar dari Rusia."

Kementerian Kehakiman Rusia mengatakan pihaknya menambahkan sembilan wartawan dan tiga perusahaan ke dalam daftar agen asing.

Bellingcat, yang terdaftar di Belanda, terlibat dalam membuka kedok agen Rusia yang dituduh melakukan serangan agen saraf Novichok yang mematikan di Salisbury pada 2018.

Situs web MNews.world dan Kaukasus Knot yang terdaftar di AS, yang menyediakan berita di wilayah Kaukasus, juga disertakan.

Daftar itu juga mencakup BBC Rusia dan saluran TV Dozhd – yang dengan sendirinya ditunjuk sebagai agen asing pada bulan Agustus. Organisasi lain termasuk Current Time, Radio Liberty dan 7x7.

Menanggapi keputusan itu, perusahaan tersebut mengatakan: "BBC sangat menolak keputusan pihak berwenang Rusia untuk menunjuk Andrei Zakharov dari biro Moskow kami sebagai 'agen asing'.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Media 'Agen Asing' di Rusia

Setiap individu yang diberi label agen media asing harus mendaftar dan memberikan rincian kegiatan dan keuangan setiap enam bulan.

Semua materi mereka, termasuk pesan media sosial, harus berisi pesan panjang yang menunjukkan status mereka sebagai agen asing.

BBC juga dipilih pada akhir Agustus, ketika Rusia mengusir koresponden lama Moskow Sarah Rainsford dengan menolak perpanjangan visanya.

Rusia mengubah undang-undang pada tahun 2017, memungkinkan pemerintah untuk mendaftarkan media asing yang beroperasi di negara itu sebagai agen asing. Undang-undang itu datang sebagai pembalasan atas penyiar RT yang didukung Kremlin yang diberitahu untuk mendaftar sebagai agen asing di AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.