Sukses

Jika Vaksinasi COVID-19 Sudah 70 %, Bangkok Buka Pintu untuk Wisatawan Internasional Per 15 Oktober 2021

Bangkok direncanakan akan kembali dibuka untuk wisatawan Internasional pada 15 Oktober 2021 mendatang, vaksinasi lengkap sebagai syarat untuk para wsiatawan.

Liputan6.com, Bangkok Bangkok akan dibuka kembali untuk para wisatawan internasional pada 15 Oktober 2021 mendatang, ketika setidaknya 70 persen penduduknya sudah vaksin sepenuhnya.

Keputusan itu mengemuka setelah adanya diskusi antara Menteri Pariwisata dan Olahraga, Pipat Ratchakitprakan dan Gubernur Bangkok, Aswin Kwanmuan pada hari rabu tanggal 15 September kemarin. 

"Keputusan bersama kami adalah ingin melakukan vaksinasi di seluruh Bangkok, di setiap kawasan daerah, sehingga ketika kami membuka kembali untuk para wisatawan internasional, itu akan berlaku untuk seluruh kawasan Bangkok," kata Pipat dalam konferensi pers.

"Demi keselamatan seluruh warga Bangkok, penting jika cakupan vaksinasi COVID-19 tidak kurang dari 70 persen."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

70 Persen Populasi Bangkok Sudah di Vaksinasi

Menurut Menteri Pariwisata dan Olahraga, lebih dari 70 persen populasi bangkok telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19, tetapi baru 37 persen dari populasi bangkok yang sudah melakukan vaksinasi sepenuhnya (dosis kedua). 33 persen sisanya dijadwalkan akan diberikan dosis vaksin kedua pada awal Oktober, tambahnya.

"Kami yakin di tanggal 15 Oktober nanti, bangkok akan dapat kembali dibuka untuk wisatawan internasional," kata Pipat.

Namun, ia tidak menyebutkan akankah nantinya akan ada persyaratan karantina bagi para wisatawan internasional ketika ibu kota kembali dibuka.

Pembukaan kembali Bangkok adalah bagian dari inisiatif pemerintah untuk meningkatkan ekonomi, yang sangat bergantung pada pariwisata internasional. Selama lebih dari setahun, sektor pariwisata menderita akibat pandemi COVID-19 ketika kedatangan internaisonal terhenti.

3 dari 4 halaman

Alasan Bangkok Mantap Membuka Tempat Wisata untuk Para Wisatawan

Pada bulan Juni, Perdana Menteri Jenderal Prayut Chan-ocha mengumumkan bahwa Thailand akan membuka kembali perbatasannya untuk para wisatawan internasional dalam 120 hari.

Ia juga meminta tujuan wisata utama untuk dibuka kembali lebih cepat jika sudah siap, seraya menambahkan bahwa wisatawan yang telah divaksinasi COVID-19 boleh dibebaskan dari karantina.

"Wisatawan yang telah menyelesaikan vaksinasi mereka seharusnya dapat melakukan perjalanan ke Thailand tanpa adanya karantina atau pembatasan apa pun yang menimbulkan ketidaknyamanan," kata perdana menteri saat itu.

4 dari 4 halaman

Beberapa Provinsi Dipersiapkan Menyambut Wisatawan

Pada 1 Juli lalu, pulau resor populer Phuket telah dibuka kembali untuk pariwisata internasional.

Di bawah model pariwisata eksperimental yang disebut Phuket Sandbox, wisatawan tidak diharuskan menjalani karantina apa pun jika mereka telah sepenuhnya vaksinasi COVID-19 di negara mereka setidaknya selama 14 hari dan hasil tes negatif pada saat kedatangan.

Selain Bangkok, beberapa provinsi lain juga dijadwalkan menyambut kembali para wisatawan internasional bulan depan. Chonburi, Petchaburi, Prajuab Khiri Khan dan Chiang Mai diperkirakan akan dibuka kembali sebagian pada 1 Oktober.

Penulis : Azarine Natazia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.