Sukses

Warga New York Wajib Tunjukkan Bukti Vaksin COVID-19 Sebelum Masuk Restoran dan Gym

Liputan6.com, New York - Kota New York akan segera memerlukan bukti vaksinasi COVID-19 bagi siapa saja yang ingin makan di dalam ruangan di restoran, melihat pertunjukan, atau pergi ke gym. Hal ini diumumkan langsung oleh Wali Kota Bill de Blasio pada Selasa (3/8), menjadikan New York sebagai kota besar pertama di AS yang memberlakukan pembatasan tersebut.

Persyaratan baru, yang akan berlaku bertahap selama beberapa minggu pada bulan Agustus dan September, adalah langkah paling agresif yang diambil kota itu untuk mengekang lonjakan kasus COVID-19 yang disebabkan oleh varian Delta.

Mengutip Channel News Asia, Rabu (4/8/2021), warga New York harus menunjukkan bukti bahwa mereka telah memiliki setidaknya satu dosis vaksin.

“Satu-satunya cara untuk melindungi tempat-tempat ini di dalam ruangan adalah jika Anda divaksinasi,” kata de Blasio. 

“Tujuannya di sini adalah untuk meyakinkan semua orang bahwa inilah saatnya. Jika kita akan menghentikan varian delta, waktunya sekarang. Dan itu berarti divaksinasi sekarang.”

Partai Demokrat mengatakan beberapa detail masih perlu diselesaikan, termasuk aturan yang mempengaruhi anak di bawah 12 tahun, yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin yang disetujui. 

Kebijakan tersebut akan mulai berlaku pada 16 Agustus tetapi inspeksi dan penegakan hukum tidak akan dimulai hingga 13 September, ketika sekolah umum kota dibuka kembali untuk musim gugur.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bukti Vaksinasi COVID-19

Kartu vaksinasi akan diterima sebagai bukti inokulasi, bersama dengan aplikasi negara bagian dan kota.

De Blasio berfokus untuk mendapatkan sebanyak mungkin warga New York yang divaksinasi sambil menolak seruan untuk mewajibkan masker di dalam ruangan, seperti yang telah dilakukan beberapa kota dan kabupaten di California.

De Blasio mengatakan bahwa dia membuat "rekomendasi kuat" agar semua orang memakai masker di tempat umum di dalam ruangan tetapi menekankan bahwa "dorongan strategis yang luar biasa" kota itu tetap membuat lebih banyak orang divaksinasi.

Ketika ditanya tentang mandat pemakaian masker, de Blasio mengatakan semua opsi ada di atas meja tetapi menegaskan kembali bahwa kebijakan kota itu "berpusat pada vaksin".

"Saat ini yang ingin kami pahami adalah orang-orang yang divaksinasi, dan, terus terang, menunjukkan bahwa hidup jauh lebih baik ketika Anda divaksinasi. Anda dapat melakukan lebih banyak hal ketika Anda divaksinasi. Anda memiliki lebih banyak kebebasan ketika Anda divaksinasi, dan Anda memiliki lebih sedikit pilihan, lebih sedikit peluang jika Anda tidak divaksinasi.”

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di Situs PeduliLindungi: