Sukses

Tentara Suriah Lakukan Penembakan Terhadap Benteng Pemberontak, 7 Warga Sipil Tewas

Penembakan yang dilakukan oleh tentara Suriah terhadap benteng pemberontak mengakibatkan tewasnya 7 warga sipil.

Liputan6.com, Jakarta - Tembakan artileri pemerintah Suriah menghantam sebuah desa di daerah kantong pemberontak terakhir di negara itu pada Kamis (22/7), hingga menewaskan tujuh anggota keluarga yang sama, termasuk empat anak, kata petugas penyelamat dan pemantau perang.

Penembakan itu adalah bagian dari eskalasi militer yang sedang berlangsung di daerah di barat laut Suriah, yang telah berada di bawah gencatan senjata yang disponsori oleh Rusia dan Turki sejak tahun lalu. Demikian seperti mengutip Al Jazeera, Jumat (23/7/2021). 

Sejauh ini tidak jelas diketahui apa yang menyebabkan eskalasi, yang sebelum serangan itu telah menewaskan sedikitnya 17 anak bulan ini, menurut angka yang dikonfirmasi oleh badan anak-anak PBB, UNICEF.

Para pekerja penyelamat di daerah oposisi, yang dikenal sebagai White Helmets, mengatakan bahwa peluru itu mendarat di desa Ibleen di provinsi Idlib selatan.

Seorang ibu dan empat anaknya termasuk di antara korban tewas yang ditarik keluar dari bawah puing-puing rumah yang hancur. Tujuh orang lainnya terluka, menurut kelompok itu.

Rami Abdurrahman, kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, mengatakan kakek dan paman anak-anak itu juga termasuk di antara yang tewas. Dia mengatakan ayahnya terluka dalam serangan itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Warga Sipil Tewas

Menurut catatan Observatorium, 21 orang, termasuk 11 anak-anak dan enam wanita, tewas dalam serangan pemerintah di daerah kantong pemberontak sejak hari Sabtu.

Tentara meningkatkan pengebomannya di daerah kantong barat laut ketika Presiden Bashar al-Assad mengambil sumpah jabatan untuk masa jabatan baru dengan bersumpah untuk menjadikan “pembebasan bagian-bagian tanah air yang masih perlu” menjadi salah satu prioritas utamanya.

Pada hari Assad mengambil sumpah, serangan terhadap desa Idlib di Sarja dan Ehsin menewaskan 14 warga sipil, tujuh di antaranya anak-anak.

Dua hari sebelumnya penembakan di Idlib dan kota Fuaa lebih jauh ke utara menewaskan sembilan warga sipil, tiga di antaranya anak-anak, kata Observatorium.

Serangan pada hari Kamis itu terjadi pada hari terakhir hari raya Idul Adha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.