Sukses

Inggris Pertimbangkan Masker sebagai Pilihan, Bukan Kewajiban Pasca-COVID-19

Inggris akan pindah ke periode tanpa pembatasan COVID-19 di mana publik harus menjalankan tanggung jawab pribadi, termasuk pada penggunaan masker wajah.

Liputan6.com, London - Inggris akan pindah ke periode tanpa pembatasan COVID-19 di mana publik harus menjalankan "tanggung jawab pribadi" termasuk pada penggunaan masker wajah, kata menteri urusan dalam negeri Inggris.

Menteri Robert Jenrick mengatakan kepada BBC bahwa publik Inggris mungkin akan "sampai pada kesimpulan yang berbeda" atas penggunaan masker, tetapi mempercayai bahwa orang-orang "akan melakukan penilaian yang terbaik".

Ia sendiri mengatakan kepada Sky News bahwa dirinya akan memilih untuk tidak mengenakan masker wajah nantinya.

Semua pembatasan hukum diperkirakan akan dicabut di Inggris pada 19 Juli.

Namun, asosiasi dokter dan kesehatan mendesak agar keputusan itu ditunda menyusul lonjakan kasus yang mengkhawatirkan.

Kepada BBC, Jenrick mengatakan: "Memang terlihat seolah-olah - berkat keberhasilan program vaksin - bahwa kita sekarang memiliki ruang lingkup untuk mengembalikan pembatasan tersebut dan kembali ke normalitas sejauh mungkin."

Dia mengatakan kasus-kasus mungkin terus meningkat secara signifikan jika pembatasan dilonggarkan.

"Tetapi kita sekarang harus pindah ke periode yang berbeda di mana kita belajar untuk hidup dengan virus, kita mengambil tindakan pencegahan dan kita sebagai individu mengambil tanggung jawab pribadi," katanya.

Ketika ditanya apakah persyaratan untuk mengenakan masker wajah dalam pengaturan tertentu pasti akan dicabut, Mr Jenrick mengatakan, "Saya tidak bisa membuat komitmen itu karena perdana menteri akan membuat pengumuman dalam beberapa hari mendatang - memang terlihat apakah data berada di tempat yang tepat," demikian seperti dikutip dari BBC, Senin (5/7/2021).

Dia mendesak orang-orang untuk sepenuhnya divaksinasi dan, ketika ditanya tentang perjalanan, mengatakan pemerintah "masih melihat data" dalam hal memungkinkan warga negara Inggris yang telah divaksin secara penuh bisa menghindari karantina.

Dan ditanya di Sky News tentang apakah dia akan berhenti mengenakan masker wajahnya jika aturan diizinkan, Mr Jenrick mengatakan dia akan, karena dia tidak terlalu ingin memakainya.

Tetapi dia berkata: "Kami akan pindah ke fase di mana ini akan menjadi masalah pilihan pribadi. Jadi beberapa anggota masyarakat akan ingin melakukannya untuk alasan yang sah sempurna tetapi itu akan menjadi periode yang berbeda di mana kita sebagai warga membuat penilaian ini daripada pemerintah memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan."

Jenrick menambahkan, "Kami sekarang akan pindah ke periode di mana tidak akan ada pembatasan hukum - negara tidak akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan - tetapi Anda akan ingin menjalankan tingkat tanggung jawab dan penilaian pribadi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menerapkan Kebiasaan Baik untuk Mencegah Infeksi

Prof Stephen Powis, direktur medis NHS Inggris, mengatakan jika beberapa orang terus mengenakan masker wajah dalam keadaan tertentu, seperti tempat keramaian, maka "itu belum tentu hal yang buruk". "Kebiasaan-kebiasaan untuk mengurangi infeksi adalah hal yang baik untuk dilanjutkan," tambahnya.

Dia mengatakan hubungan antara infeksi coronavirus, okupansi rumah sakit dan kematian belum benar-benar usai, namun telah "sangat melemah" menyusul orang-orang di rumah sakit yang telah divaksinasi.

Per Sabtu 3 Juli 2021, Inggris mencatatkan 24.885 kasus Covid dan 18 kematian dalam 28 hari terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.