Sukses

NASA Rilis Foto-Foto Epik Gerhana Matahari Juni 2021 di Atas Langit AS

Liputan6.com, D.C. - Fotografer senior NASA Bill Ingalls berpikir cuaca tak akan bekerja sama ketika ia hendak mengabadikan gerhana matahari Juni 2021.

Namun yang terjadi adalah sebaliknya.

Pada Kamis pagi 10 Juni waktu setempat, Ingalls menangkap gambar-gambar menakjubkan gerhana matahari parsial di Pantai Timur AS dari Arlington, Virginia. Ini termasuk matahari gerhana yang terbit di sebelah Gedung Capitol yang ikonik di Washington, D.C.

Gerhana matahari parsial terjadi ketika bulan bergerak antara Bumi dan matahari - tetapi tubuh planet ini tidak berbaris secara merata. Ketika ini terjadi, hanya sebagian bulan yang menghalangi cahaya dari matahari, memberikan matahari semacam penampilan bulan sabit.

(Selama gerhana total, bulan benar-benar menghalangi matahari, menggelapkan dunia bagi orang-orang dengan kesempatan luar biasa untuk berdiri sepenuhnya di dalam bayangan bulan.)

Orang-orang lain di Bumi pada hari itu - di Greenland, Rusia Utara, dan Kanada - diposisikan untuk melihat gerhana "cincin api" annular. Ini terjadi ketika bulan berada di orbit jauh dari Bumi, tetapi masih lewat langsung di depan matahari. Karena bulan tampak "lebih kecil," itu tidak menghalangi seluruh matahari. Jadi "cincin api" terlihat.

Berikut fotonya:

Selain Bill Ingalis, fotografer NASA lain, juga bersiaga mengabadikan momen. Aubrey Gemignani menuju ke Pantai Lewes, Delaware, di mana ia membingkai foto-foto gerhananya melawan Mercusuar Delaware Breakwater.

Berikut pemandangan gerhana matahari sebagian di atas Mercusuar Delaware Breakwater pada 10 Juni 2021, oleh Aubrey Gemignani:

Gerhana matahari berikutnya akan terjadi pada 4 Desember, tetapi totalitas hanya akan terlihat dari Antartika dan laut terdekat.