Sukses

Top 3: Surat Hamas untuk Presiden Jokowi Terpopuler

Isu Hamas kirim surat ke Jokowi, Indonesia masuk List of Shame PBB, dan Iran dukung Palestina tengah jadi sorotan di kanal Global Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima surat dari Hamas. Partai politik di Palestina itu meminta Jokowi ikut memobilisasi dukungan. 

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, juga meminta Jokowi menekan Israel agar berhenti melakukan kekerasan dan pelanggaran di Yerusalem, termasuk penduduknya.

Surat dari Hamas menjadi sorotan pembaca isu kanal Global di Liputan6.com, Jumat (21/5/2021). 

Berita lain yang populer masih terkait krisis Palestina-Israel, seperti dukungan dari Iran terhadap serangan Hamas ke Israel.

Ada juga kabar Indonesia masuk List of Shame dari UN Watch. Mengapa bisa terjadi?

Berikut daftar berita yang tengah jadi sorotan di kanal Global Liputan6.com dalam Top 3:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Surat Pemimpin Hamas

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh mengirimkan surat kepada Presiden Indonesia Joko Widodo pada Selasa 18 Mei.

Dalam surat itu, Ismail Haniyeh meminta Jokowi untuk memobilisasi dukungan negara Islam dan internasional terhadap Palestina. 

"Kami meminta Anda untuk segera bertindak dan memobilisasi dukungan Arab, Islam, dan internasional, dan untuk mengambil sikap yang jelas dan tegas untuk mewajibkan pendudukan Israel agar segera menghentikan agresi dan terornya di Jalur Gaza yang terkepung," kata Haniyeh dalam suratnya kepada Presiden Jokowi, seperti dilansir Anadolu Agency, Kamis (20/5/2021). 

Baca selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Indonesia Masuk List of Shame

Indonesia masuk ke List of Shame (Daftar Aib) di PBB. Penyebabnya, Indonesia menolak mendukung resolusi untuk mencegah genosida, kejahatan perang, pembersihan etnis, dan kejahatan terhadap kemanusiaan, yakni Responsibility to Protect (R2P).

Indonesia memilih "No" pada voting yang berlangsung Selasa (18/5). 

Baca selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Iran Dukung Serangan ke Israel

Serangan Hamas terhadap Israel mendapat dukungan penuh dari Garda Revolusi Iran. Mereka berkata sedang melihat lahirnya Palestina baru karena melawan Israel dengan roket.

"Hari ini kita melihat kelahiran Palestina baru," ujar Mayjen Hossein Salami di Imam Hossein Square, Tehran, dilansir France24, Kamis (20/5). 

Baca selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Infografis Krisis Palestina 2021:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.