Sukses

Jembatan Kaca China Setinggi 100 Meter Rusak, Turis Bergelantungan Setengah Jam

Liputan6.com, Longjing - Gara-gara jembatan kaca di China rusak akibat hembusan angin kencang, seorang pria yang tengah berada di atasnya terjebak. Ia bergelantungan di jembatan kaca terbesar yang rusak setelah angin menghancurkan panel transparan di sekitarnya.

Pria itu berada di jembatan setinggi 100 meter di Gunung Piyan di Kota Longjing, ketika tiba-tiba dilanda angin kencang pada Jumat 7 Mei 2021.

Melansir The Guardian, Selasa (11/5/2021), Departemen Pariwisata menjelaskan bahwa adanya hembusan hingga 150 km per jam menerbangkan beberapa panel kaca. Hal ini membuat turis tersebut tak bisa melintas dan terjebak hingga diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran, polisi, dan petugas kehutanan lebih dari setengah jam kemudian.

Netizen menggambarkan skenario tersebut sebagai "mimpi buruk". Salah satunya berkomentar, “Begitu banyak jembatan dek kaca yang telah dibangun dalam beberapa tahun terakhir dan sangat populer di kalangan wisatawan. Tapi bagaimana kita bisa memastikan keamanan mereka?”

Jembatan kaca adalah objek pariwisata populer di China, yang paling terkenal berada di Taman Nasional Zhangjiajie, Provinsi Hunan, yang membentang sejauh 430 meter melintasi ngarai, 300 meter di udara.

Media pemerintah melaporkan bahwa pemerintah daerah sedang mempersiapkan pedoman untuk membatasi konstruksi mereka, termasuk standar teknis dan rekomendasi terhadap bangunan di zona gempa.

2 dari 3 halaman

Resor Telah Ditutup Menunggu Penyelidikan

Resor Gunung Piyan telah ditutup menunggu penyelidikan.

Foto yang dibagikan di media sosial tersebut menunjukkan pria itu menempel di sisi jembatan, dikelilingi oleh lubang menganga tempat panel kaca copot. Unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 5,8 juta kali di platform media sosial Weibo.

Pria itu dilaporkan tidak terluka tetapi dikirim ke rumah sakit untuk pemeriksaan dan konseling, media pemerintah melaporkan.

Ini bukan kecelakaan di jembatan kaca pertama dari jenisnya di China. Pada 2018, Provinsi Hebei menutup 32 tempat wisata atraksi kaca serupa, termasuk jembatan kaca, saat pemeriksaan keamanan dilakukan.

Cuaca buruk telah melanda sebagian China dalam beberapa hari terakhir, kondisi tersebut memengaruhi perjalanan liburan. Video yang dibagikan secara online menunjukkan jembatan lain terpuntir dan terbalik saat angin kencang, dan pada Senin sore pihak berwenang memperingatkan hujan es, angin, dan kilat di Hubei.

Reporter: Lianna Leticia

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: