Sukses

Perusahaan Austria Buat Sepatu Pintar untuk Bantu Tunanetra Berjalan

Liputan6.com, Vienna - Perusahaan Austria Tec-Innovation baru-baru ini meluncurkan sepatu pintar yang menggunakan sensor ultrasonik untuk membantu orang yang menderita kebutaan gangguan penglihatan untuk mendeteksi rintangan hingga jarak empat meter.

Dikenal sebagai InnoMake, sepatu pintar ini bertujuan untuk menjadi alternatif modern dari tongkat jalan berusia puluhan tahun yang diandalkan jutaan orang di seluruh dunia untuk berkeliling seaman mungkin. 

Model yang tersedia saat ini bergantung pada sensor untuk mendeteksi rintangan dan memperingatkan pemakainya melalui getaran dan peringatan yang terdengar pada smartphone yang terhubung dengan Bluetooth. 

Kedengarannya cukup mengesankan, tetapi perusahaan sudah mengerjakan versi yang jauh lebih canggih yang menggabungkan kamera dan kecerdasan buatan untuk tidak hanya mendeteksi rintangan tetapi juga sifatnya.

Melansir Odditycentral, Sabtu (8/5/2021), Tec-Innovation bermitra dengan Graz University of Technology Austria untuk mengembangkan algoritma pembelajaran mendalam mutakhir yang dimodelkan pada jaringan saraf yang dapat menganalisis informasi, yang diberikan oleh sensor dan kamera yang tergabung dalam sepatu InnoMake untuk menentukan apakah suatu area bebas rintangan dan aman untuk dilalui.

2 dari 3 halaman

Sensor Tidak Terfokus hanya pada Satu Rintangan

Markus Raffer, salah satu pendiri Tec-Innovation, mengatakan bahwa peringatan tidak hanya berfokus pada kendala, tetapi juga informasi tentang kendala apa yang pemakai hadapi. Itulah yang membuat perbedaan besar apakah rintangan itu dinding, mobil atau tangga.

"Sensor ultrasonik di ujung sepatu mendeteksi rintangan hingga jarak empat meter. Pemakainya kemudian diperingatkan oleh getaran dan/atau sinyal akustik. Ini bekerja dengan sangat baik dan sudah sangat membantu saya secara pribadi," Raffer, seorang tunanetra, menambahkan.

"Anda dapat melakukan penyesuaian secara real time dengan tombol di bagian belakang perangkat. Kisarannya dapat disesuaikan hingga 4 meter dengan menekan tombol sebentar," situs web Tec-Innovation menjelaskan. 

"Anda dapat mengaktifkan mode cerdas yang secara otomatis menghentikan sistem, misalnya saat Anda duduk, dan Anda juga dapat menggunakan InnoMake sebagai pemindai untuk mendapatkan informasi tentang lingkungan Anda melalui gerakan kaki."

Sistem canggih terintegrasi dengan nyaman di bagian depan sepatu, dalam wadah kedap air dan tahan debu. Ini didukung oleh baterai tugas berat yang dapat bertahan hingga satu minggu, tergantung pada penggunaan. Baterainya bisa diisi hanya dalam tiga jam, menggunakan kabel USB.

Langkah selanjutnya untuk Tec-Innovation adalah menggunakan data yang dikumpulkan oleh sistemnya untuk membuat semacam peta navigasi tampilan jalan untuk orang-orang tunanetra.

 

Reporter: Lianna Leticia

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: