Sukses

Sneakers Nike 'Sepatu Setan' Sarat Kontroversi, Mengandung Darah Manusia

Perusahaan streetwear MSCHF baru-baru ini bekerja sama dengan rapper Lil Nas Z untuk menciptakan 666 pasang "Sepatu Setan", sebuah custom Nike Air Max 97s yang menampilkan setetes darah manusia asli, serta sejumlah simbol setan.

Liputan6.com, Boston - Perusahaan streetwear MSCHF baru-baru ini bekerja sama dengan rapper Lil Nas Z untuk menciptakan 666 pasang "Sepatu Setan", Nike Air Max 97s custom yang menampilkan setetes darah manusia nyata, serta sejumlah simbol setan.

Sneakers hitam-merah yang dirancang oleh MSCHF menampilkan liontin pentagram perak yang melekat pada tali, tulisan 'LUKAS 10:18' (referensi ayat Alkitab) dicetak di samping, serta nomor sepatu dalam koleksi (misalnya 6/666), dan nama-nama penciptanya, MSCHF dan Lil Nas Z, dijahit dengan warna merah di tumit.

Tetapi, detail paling kontroversial tentang sneakers edisi terbatas itu adalah tetes darah manusia nyata yang digunakan dalam pembuatan masing-masing dari 666 pasangan, demikian seperti dikutip dari Odditycentral, Minggu (4/4/2021).

Sepatu Setan seharga $ 1.018 rilis pada Senin 29 Maret 2021 dan 665 dari 666 pasang terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit. Pasangan terakhir itu diperebutkan sebagai hadiah undian di situs resmi MSCHF, dengan pemenang diumumkan pada hari Kamis 1 April 2021. Namun, terlepas dari kesuksesan komersial, itu bukan semua kabar baik...

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diserang Nike

Tidak lama setelah terungkapnya sneakers yang tidak biasa, Nike mengumumkan bahwa mereka mengajukan keluhan pelanggaran merek dagang terhadap MSCHF terkait dengan Sepatu Setan.

"Kami tidak memiliki rincian lebih lanjut untuk berbagi tentang masalah hukum yang tertunda. Namun, kami dapat memberi tahu Anda bahwa kami tidak memiliki hubungan dengan Lil Nas X atau MSCHF. Sepatu Setan diproduksi tanpa persetujuan atau otorisasi Nike, dan Nike sama sekali tidak terhubung dengan proyek ini," kata Nike dalam sebuah pernyataan.

Rupanya MSCHF membeli sepatu kets Nike Air Max 97 secara online dan melakukan custom dengan menambahkan simbol setan. Mereka melakukan hal yang sama dengan "Sepatu Yesus" yang mereka rilis beberapa tahun yang lalu, yang dilaporkan mengandung air suci di telapak kaki, hanya saat itu Nike tidak memiliki apa pun untuk dikatakan tentang hal itu.

Daniel Greenberg, kepala perdagangan MSCHF, mengatakan kepada VICE dalam email bahwa perusahaan belum dihubungi oleh Nike, tetapi mengkonfirmasi bahwa "kami tahu dari media bahwa mereka bukan penggemar", menambahkan bahwa mereka mengharapkan serangan balik.

Berbicara tentang darah manusia yang diduga digunakan dalam pembuatan Sepatu Setan, Greenberg mengatakan bahwa ia dan anggota tim MSCHF lainnya telah mendonorkan darah untuk proyek tersebut, tetapi menolak untuk menjelaskan dengan tepat bagaimana darah itu digunakan. Dia mengklarifikasi bahwa "ada sedikit di [setiap sepatu]" sehingga tidak menimbulkan banyak risiko kesehatan bagi siapa pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.