Sukses

5 Trik Membersihkan Panci dan Wajan dari Noda Membandel

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan ketika memasak bisa terjadi kapan saja seperti halnya saat Anda lupa sedang memasak untuk menghangatkan sayur. Alhasil, sayur bukan menjadi hangat malah menjadi gosong dan meninggalkan jejak kerak di panci.

Sayurnya mungkin bisa dibuat lagi, tapi panci yang gosong lumayan susah dibersihkan. Ketika panci kesayangan Anda jadi gosong. Kamu mungkin khawatir panci Anda tidak bisa digunakan lagi.

Melansir MSN Lifestyle, Sabtu (8/5/2021), berikut adalah lima trik membersihkan panci dan wajan menggunakan segala sesuatu mulai dari soda klub hingga Windex untuk menghilangkan noda dan kotoran dari peralatan dapur Anda.

2 dari 7 halaman

1. Menggunakan Air Soda

Inilah trik mencuci piring yang akan menghemat banyak waktu menggosok.

Setelah Anda selesai memasak, tambahkan air soda (sparkling water) ke panci dan wajan kosong - cukup untuk menutupi bagian bawahnya. Saat Anda selesai makan, gelembung di soda akan mengencerkan kotoran, membuat pekerjaan pembersihan Anda jauh lebih mudah.

3 dari 7 halaman

2. Menghilangkan Kotoran dari Piring Kaca

Untuk menghilangkan noda yang menempel di piring casserole kaca, isi dengan air hangat dan tambahkan dua tablet Alka-Seltzer atau pembersih gigi tiruan. Biarkan selama satu jam dan noda akan hilang.

4 dari 7 halaman

3. Menghilangkan Noda di Panci Aluminium

Untuk menghilangkan noda dari panci aluminium, isi setengah panci dengan air dan tambahkan seperempat cangkir cuka atau jus lemon. Didihkan, dan biarkan mendidih selama beberapa menit sebelum dicuci seperti biasa.

Untuk noda yang sangat membandel, cobalah krim tartar. Taburkan beberapa sendok teh cream of tartar pada noda, dan tambahkan satu atau dua cangkir air. Didihkan campuran selama beberapa menit, lalu cuci seperti biasa.

5 dari 7 halaman

4. Cuka Putih

Cara terbaik untuk membersihkan wajan besi adalah dengan menutupi noda dengan pasta krim tartar dan cuka putih. Oleskan banyak-banyak, diamkan, lalu gosok dengan kain lembut yang dibasahi.

6 dari 7 halaman

5. Hidrogen Peroksida dan Soda Kue

Merasa putus asa tentang sisa makanan yang dipanggang di panci dan wajan Anda? Jangan buang mereka dulu: Hidrogen peroksida akan datang untuk menyelamatkan!

Campur peroksida dengan soda kue sampai campuran membentuk pasta. Lapisi wajan kotor Anda dengan itu, pastikan Anda menggosok area kotor dengan sangat baik, dan diamkan setidaknya selama satu jam agar kekuatan melawan kotoran dapat menggunakan sihirnya.

Rendam dalam air hangat dan bersihkan dengan spons scrub, dan minyak mentah yang tidak sedap akan hilang secara ajaib.

 

Reporter: Lianna Leticia

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: