Sukses

KBRI Seoul Eratkan Hubungan Diplomasi Indonesia dan Korea Selatan Lewat Musik

Liputan6.com, Jakarta - Musik dan budaya Korea Selatan telah menjadi bagian dari seni yang banyak beredar di tengah warga Tanah Air. Dubes Republik Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi pun menyebut bahwa musik bisa menjadi salah satu alat diplomasi bagi kedua negara.

"Baik Indonesia maupun Korea Selatan memiliki sejarah budaya yang panjang, termasuk di bidang musik, dari folk sampai musik pop. Hal ini membuat masyarakat Indonesia gemar mendengar lagu K-Pop dengan lirik yang catchy dan up to date, demikian pula sebaliknya," tegas Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi saat hadir sebagai tamu kehormatan pada Konser Dunia Bebas Kontak (World Tour Contact-Free) bintang pop Korea (K-Pop) (19/04/2021).

Diwawancarai oleh pasangan duo MC Korsel yang sedang naik daun, Jacob and Kevin The Boyz, Dubes Umar Hadi berpesan agar generasi muda Indonesia dan Korsel jangan hanyut dengan corona blues, atau sedih akibat masa pandemi, melainkan terus semangat, aktif menjalin kerjasama dan kemitraan untuk kedepankan kreativitas serta inovasi sambil senantiasa menjaga kesehatan.

Duta Besar RI di Seoul merupakan Duta Besar negara sahabat pertama yang diundang untuk menghadiri langsung konser K-Pop yang diselenggarakan secara hybrid.

Acara tersebut telah ditayangkan melalui akun youtube Arirang K-Pop dan telah ditonton sebanyak 13.650 audiens, sementara 500 generasi muda dari Indonesia diundang untuk menonton secara daring lewat aplikasi ZOOM.

2 dari 3 halaman

Musik Jadi Potensi Ekonomi Kreatif

Dalam acara tersebut, terdapat 7 artis dan K-Pop band dari Korsel yang tampil yaitu Yoon Ji Yong, Only One Of, StayC, DKB, Mirae, Lunarsolar, T1419.

Penampilan istimewa dari Sohee of Nature yang menyanyikan lagu “Untuk Apa" oleh Maudy Ayunda, penyanyi muda Indonesia yang digemari generasi millennial Korsel.

Di akhir acara, kelompok musik K-Pop remaja pria dan wanita mengundang Duta Besar Umar Hadi untuk berfoto bersama sambil menyampaikan harapan mereka untuk berwisata ke Indonesia, khususnya Bali.

Musik adalah salah satu subsektor potensial ekonomi kreatif di Indonesia yang sedang digalakkan dalam promosi ekonomi kreatif Indonesia ke Korea Selatan.

Beberapa waktu lalu, Kedutaan Besar RI di Seoul turut mendukung dan menghadiri launching lagu baru musisi ternama Indonesia, Rossa dalam Bahasa Korea yaitu Sangcheo Badeun Maeum (상처받은 마음) atau The Heart You Hurt dalam Bahasa Inggris. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: