Sukses

Pecahkan Rekor Dunia, Pria 54 Tahun Berhasil Menahan Nafas Lebih dari 24 Menit

Terdengar seperti pencapaian yang mustahil bagi manusia biasa, tetapi bagi pria asal Kroasia itu adalah pencapaian puncak dari pelatihan dan pengkondisian selama bertahun-tahun.

Liputan6.com, Sisak - Budimir Buda Å obat, pria 54 tahun asal Kroasia, berhasil mencetak rekor dunia baru untuk waktu nafas terlama tertahan di bawah air, setelah menghabiskan 24 menit 33 detik di bawah air tanpa keluar udara.

Prestasi luar biasa dicapai di sebuah kolam renang, di kota Sisak, di bawah pengawasan dokter, reporter dan pendukung, dan melihat penyelam berusia 54 tahun itu mendorong tubuhnya hingga batas maksimal, demikian dikutip dari laman Oddity Central, Rabu (31/3/2021).

Setelah menghabiskan beberapa menit melakukan hiperventilasi pada oksigen murni, untuk meningkatkan oksigenasi tubuh, Å obat menghabiskan hampir setengah jam telungkup di kolam, tanpa keluar untuk menghirup udara.

Kedengarannya seperti pencapaian yang mustahil bagi manusia biasa, tetapi bagi Å obat, itu adalah pencapaian puncak dari pelatihan dan pengkondisian selama bertahun-tahun.

Beberapa tahun yang lalu, Å obat melepaskan hasratnya, binaraga, dan melakukan penyelaman statis, dan segera menjadi salah satu dari 10 penyelam statis terbaik dunia.

Dia berhasil memecahkan penghalang 24 menit tiga tahun lalu, tetapi akhir pekan ini dia memecahkan Rekor Guinness-nya sendiri (24:11), dengan menghabiskan waktu 24 menit dan 33 detik yang gila di bawah air.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengalahkan Rekor Branko Petrovic

Rekor dunia saat ini untuk apnea statis, suatu disiplin yang mengharuskan saluran pernapasan dibenamkan, dengan tubuh di dalam air atau di permukaan, berada pada 11 menit dan 54 detik. Rekor ini ditetapkan pada 2014 oleh Branko Petrovic, di Dubai.

Namun, itulah versi tantangan tanpa bantuan, sedangkan Šobat’s adalah variasi yang berbeda di mana penyelam diperbolehkan menghirup oksigen murni hingga 30 menit sebelum upaya, untuk meningkatkan oksigenasi tubuh.

Meskipun oksigen murni jelas membuat perbedaan besar, 24 menit setengah masih merupakan waktu yang sangat lama untuk menghabiskan waktu di bawah air tanpa menghirup udara.

Diperlukan persiapan dan pelatihan bertahun-tahun tubuh untuk memompa darah beroksigen dengan kecepatan yang sangat lambat ke seluruh tubuh, karena kita harus menahan oksigen untuk jangka waktu yang lama.

Bahkan dengan bantuan persiapan oksigen murni, apnea statis memiliki risiko serius bagi tubuh, terutama otak, yang kehilangan kadar oksigen normal.

Setelah sekitar 18 menit, Å obat mulai mengalami kontraksi yang tidak disengaja, kejang otot karena kekurangan oksigen, jadi 54 tahun fokus pada kontraksi tersebut dan menghitungnya, sebagai cara untuk mempertahankan kesadaran.

Budimir Buda Šobat selalu terinspirasi untuk mendorong batasan dari apa yang dianggap mungkin secara fisik oleh putrinya yang berusia 20 tahun, Saša, yang telah berjuang melawan cerebral palsy, autisme, dan epilepsi sejak masa kanak-kanak. Usahanya juga memiliki aspek kemanusiaan, karena membantu menggalang dana untuk anak-anak Sisak, daerah yang terkena dampak gempa bumi dahsyat yang mengguncang Kroasia pada Desember 2020.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.