Sukses

Akibat WFH COVID-19, Ruang Kerja Seukuran Bilik Telepon Umum Marak di Jepang

Liputan6.com, Tokyo - Telecube, sebuah ruang kerja/kantor seukuran bilik telepon, marak bermunculan di seluruh Jepang menyusul permintaan akan ruang kerja publik yang terus melonjak.

Media Jepang awalnya melaporkan kebangkitan Telecube pada tahun 2019, ketika Mitsubishi Estate mengumumkan rencana untuk mulai meluncurkan kantor kecil namun nyaman di bandara dan stasiun kereta api di seluruh negeri sebagai upaya untuk membantu pekerja jarak jauh.

Idenya adalah bahwa memiliki kantor mikro yang tersedia di mana-mana akan memudahkan orang untuk bekerja di dekat rumah atau saat dalam perjalanan bisnis, sambil menikmati privasi dan ketenangan --sebuah fitur di mana kedai kopi atau kantor bersama tidak selalu dapat menawarkan.

Namun, ketika pandemi COVID-19 melanda, permintaan Telecube semakin tumbuh ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dikutip dari Odditycentral, Sabtu (13/2/2021), SoraNews24 baru-baru ini melaporkan bahwa kantor Telecube sekarang tersedia di toko serba ada 7-Eleven, sehingga memberikan kemudahan arti yang sama sekali baru.

Saat ini ada lebih dari 100 ruang kantor publik seperti itu di seluruh negara Asia, tetapi permintaan yang meningkat menunjukkan bahwa jumlahnya bisa melonjak hingga lebih dari 1.000 dalam beberapa tahun ke depan.

Telecube itu berupa kotak kedap suara yang memiliki tinggi sekitar dua meter dan lebar satu meter, memiliki meja, tempat duduk, PC, stopkontak, dan perangkat lunak konferensi video dari VCube.

Mereka dapat diatur di luar ruangan serta di dalam ruangan, dan datang dalam format solo, dan model yang dirancang untuk beberapa individu, dalam kasus di mana pertemuan tatap muka diperlukan.

2 dari 3 halaman

Mulai Populer Sejak 2018

Pada bulan November 2018, Mitsubishi Estate mulai menyewakan kantor pribadi Telecube per jam, berdasarkan uji coba, di gedung-gedung Tokyo sendiri, dan hasilnya sangat positif.

Hal itu memicu mereka harus berjuang untuk mengikuti tingginya angka permintaan.

Fleksibilitas untuk dapat bekerja dari mana saja, dan biaya rendah dibandingkan dengan ruang gedung kantor biasa, telah benar-benar membuat Telecube sangat populer.

Telecube dapat dipesan terlebih dahulu melalui aplikasi smartphone khusus. Jika Anda bukan anggota terdaftar, Anda harus mengeluarkan 250 yen ($ 2.37) untuk setiap 15 menit penggunaan, yang kebanyakan orang tidak keberatan membayar jika itu membantu mereka menyelesaikan pekerjaan.

"Itu sangat membantu, karena sulit bagi saya untuk berbicara dalam wawancara online di rumah atau di kedai kopi," kata salah satu pengguna Telecube kepada surat kabar Jepang the Asahi Shimbun.

Jika Anda bertanya-tanya soal keamanan privasi, data dan riwayat penjelajahan dari PC dihapuskan setelah setiap penggunaan, untuk melindungi kerahasiaan bisnis, dan Telecube bahkan menampilkan ventilasi, yang bisa mengurangi kemungkinan infeksi dengan virus corona sARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: