Sukses

2 Hari Jelang Dilantik Jadi Wapres AS, Kamala Harris Mundur dari Senat

Dua hari menjelang pelantikannya menjadi Wapres AS, Kamala Harris akan mundur dari jabatannya di Senat

Liputan6.com, Washington D.C- Wakil Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Kamala Harris secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai anggota Senat mewakili negara bagian California pada Senin (18/1/2021) waktu setempat, atau dua hari menjelang pelantikannya.

Dikutip dari laporan CNN, hal itu disampaikan juru bicara Harris yang mengatakan bahwa calon Wakil Presiden AS tersebut telah memulai proses pengunduran dirinya sebagai senator kepada Gubernur California, Gavin Newsom.

Namun, Harris dilaporkan tidak akan menyampaikan pidato perpisahannya di Senat terkait pengunduran dirinya.

Sementara itu, Gubernur Newsom dilaporkan telah menunjuk Sekretaris Negara California, Alex Padilla untuk menggantikan jabatan Harris di Senat AS.

Padilla akan dilantik sebagai senat dari California pada 20 Januari mendatang, yang juga merupakan hari pelantikan Harris sebagai Wapres AS. 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kamala Harris Mencetak Sejarah

Seorang sumber yang mengetahui mundurnya Harris dari Senat menyebutkan bahwa cawapres AS tersebut telah berbicara dengan penggantinya Padilla sebelum ia menjabat. 

Diketahui bahwa Kamala Harris membuat sejarah sebagai perempuan, warga kulit hitam, dan keturunan Asia Selatan pertama yang akan menjabat sebagai Wakil Presiden AS.

Pada 2016, Harris memenangkan pemilihan legislator dan dilantik pada Januari 2017.

Pada saat itu, Harris menjabat sebagai Jaksa Agung di negara bagian California.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.