Sukses

Mantan Presiden AS George W Bush Akan Hadiri Pelantikan Joe Biden-Kamala Harris

Liputan6.com, Washington D.C - Mantan presiden ke-43 Amerika SerikatGeorge W. Bush dikabarkan bakal menghadiri pelantikan presiden terpilih Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris di Washington D.C pada 20 Januari mendatang.

Kehadiran Bush dalam pelantikan kepresidenan Joe Biden diumumkan kepala stafnya, Freddy Ford melalui Twitter. 

"Presiden (George W. Bush) dan Nyonya Bush menantikan untuk kembali ke Capitol saat pengambilan sumpah Presiden Biden dan Wakil Presiden Harris," tulis Freddy Ford, seperti dikutip dari AFP, Rabu (6/1/2021). 

"Menyaksikan pengalihan kekuasaan secara damai adalah ciri khas demokrasi kita yang tidak pernah ketinggalan zaman," tambah pernyataan itu. 

Ditambahkan juga oleh Ford, bahwa ini akan menjadi upacara pelantikan kedelapan yang dihadiri Bush.

Pernyataan dari Bush muncul selama sepekan terjadinya ketegangan politik di AS, ketika Trump berencana untuk membalikkan kekalahannya dalam pemilihan presiden 2020. 

Donald Trump juga belum mengonfirmasi apakah ia akan menghadiri pelantikan Biden.

2 dari 4 halaman

George W. Bush Sambut Baik Kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS

Pada 8 November 2020, George W. Bush sempat menghubungi Biden via panggilan telepon - sehari setelah media AS menyerukan pemilihan untuk Demokrat 

Pada saat itu, Bush mengatakan Biden adalah "orang baik, yang telah memenangkan kesempatannya untuk memimpin dan mempersatukan negara kita."

"Rakyat Amerika dapat memiliki keyakinan bahwa pemilu ini pada dasarnya adil, integritasnya akan dijunjung tinggi, dan hasilnya jelas," tambah Bush dalam pernyataan lainnya. 

Sementara itu, Wakil Presiden AS Mike Pence diumumkan akan memimpin sesi gabungan Kongres untuk mengesahkan pemungutan suara dari Electoral College yang mengukuhkan Biden sebagai pemenang Gedung Putih.

Sedangkan Donald Trump dilaporkan berencana untuk menyampaikan protes terkait proses sertifikasi.

3 dari 4 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: