Sukses

Korea Selatan Sahkan Aturan yang Izinkan Artis K-Pop Seperti BTS Tunda Wajib Militer

Liputan6.com, Seoul - Parlemen Korea Selatan telah mengesahkan undang-undang untuk mengizinkan artis K-pop yang menduduki puncak tangga lagu dan nominasi Grammy seperti BTS dapat menunda wajib militer mereka hingga usia 30 tahun.

Di Korea Selatan, semua pria yang berbadan sehat berusia antara 18 dan 28 tahun harus bertugas di militer selama sekitar dua tahun sebagai bagian dari upaya negara untuk menjaga Korea Utara. Demikian seperti mengutip laman Al Jazeera, Rabu (2/11/2020). 

Amandemen Undang-Undang Dinas Militer yang disahkan pada hari Selasa dirancang untuk memberikan pengecualian bagi megabintang K-pop yang meningkatkan status budaya negara dan meningkatkan ekonomi.

Korea Selatan mengizinkan warga sipil yang memenuhi syarat untuk menunda pendaftaran hingga usia 28 tahun dan telah memberikan pengecualian bagi musisi klasik terkenal serta olahragawan dan atlet yang telah memenangkan medali di Olimpiade atau pertandingan penting lainnya. 

Pemain sepak bola Tottenham Hotspur, Son Heung-min termasuk di antara mereka yang sudah diberi pengecualian.

Hingga saat ini, tidak ada bintang K-pop yang menerima pengecualian, tetapi undang-undang baru tersebut akan memastikan penghibur yang direkomendasikan oleh menteri budaya dapat menunda layanan mereka hingga usia 30 tahun.

Anggota tertua BTS, Jin yang berusia 27 tahun, mendekati batas waktu pendaftaran pada saat boy band beranggotakan tujuh orang itu sedang menulis ulang sejarah K-pop.

 
2 dari 3 halaman

BTS Pecahkan Rekor

Sejak diluncurkan pada 2013, BTS telah mendorong kegilaan K-pop global dengan musik yang menarik dan ceria di samping lirik dan kampanye sosial yang bertujuan untuk memberdayakan kaum muda.

Baru-baru ini lagu itu mencetak single hit No 1 pertama di tangga lagu Billboard AS dengan lagu Dynamite dan mengantongi nominasi Grammy yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai band K-pop. Lagu barunya Life Goes On, juga menjadi lagu Korea pertama yang mendarat di No 1 di chart single utama Billboard.

"Artis pop cenderung membuat pencapaian tertinggi mereka di usia 20-an tetapi banyak dari mereka harus mengejar gelar sarjana untuk menunda layanan mereka," kata Jeon Yong-gi, yang ikut menulis RUU tersebut.

Manajemen BTS, Big Hit Entertainment, tidak menanggapi permintaan komentar tentang perubahan undang-undang tersebut, tetapi Jin dan anggota band lainnya sebelumnya mengatakan bahwa mereka akan memenuhi tugas mereka sesuai kebutuhan.

“Sebagai orang Korea, itu wajar. Dan suatu hari ketika tugas memanggil, kami akan siap untuk menanggapi dan melakukan yang terbaik,” kata Jin pada 2019.

Dinas militer adalah masalah yang diperdebatkan di Korea Selatan.

Sebuah jajak pendapat yang dirilis bulan lalu oleh outlet berita lokal E-Today menunjukkan sekitar 53 persen responden mendukung perlakuan khusus untuk BTS, sementara 47 persen menentangnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini: