Sukses

Anti-Stres hingga Jamur, Ini 6 Manfaat Suhu Kamar Tidur 18 Derajat Celcius

Menyetel suhu kamar tidur ke sekitar 18 derajat Celcius dapat membuat perbedaan pada kualitas istirahat Anda. Cobalah.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur di kamar yang panas tidak hanya membuat kita tidak nyaman dan berkeringat, tetapi juga kehilangan banyak manfaat yang sebetulnya bisa kita dapatkan.

Menyetel suhu ke sekitar 18 derajat Celcius dapat membuat perbedaan antara kurang tidur pada malam sebelumnya, menjadi lebih nyenyak.

Jika Anda ingin memaksimalkan tidur maka atur suhu pendingin ruangan Anda. Sebab, ada sejumlah manfaat dari tidur dengan suhu dingin.

Berikut sejumlah manfaat tidur di ruangan dingin dikutip dari laman Brightside, Selasa (17/11/2020):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tetap segar dan tampak awet muda

Tidur di ruangan dengan suhu yang lebih rendah meningkatkan produksi melatonin, yang juga disebut "hormon tidur". Ini juga membantu antioksidan yang artinya berfungsi sebagai hormon anti penuaan bagi tubuh.

3 dari 7 halaman

2. Mencegah insomnia

Studi menunjukkan bahwa beberapa bentuk insomnia sebenarnya terkait dengan suhu tubuh yang lebih tinggi.

Banyak penderita insomnia mengalami kesulitan mengatur suhu tubuh mereka, sehingga membatasi kemampuan mereka untuk menghilangkan panas. Dengan membuat kamar tidur kita lebih sejuk, kita dapat membantu tubuh mendingin dan mendorong rasa ingin tidur.

 

4 dari 7 halaman

3. Hilangkan stres

Suhu yang lebih tinggi berarti tubuh melepaskan lebih banyak "hormon stres" yang disebut kortisol. Ruangan yang lebih dingin dapat membantu menjaga kadar kortisol kita, dan itu berarti lebih sedikit stres dan kualitas tidur yang lebih baik.

 

5 dari 7 halaman

4. Mengurangi resiko terhadap penyakit tertentu

Tidur di ruangan yang sejuk dapat menurunkan peluang kita terkena penyakit metabolik seperti diabetes.

Ini juga meningkatkan kadar hormon pertumbuhan kita yang membantu mencegah penyakit jantung, depresi, dan obesitas. Peningkatan melatonin juga menurunkan peluang kita terkena Alzheimer.

 

6 dari 7 halaman

5. Tidur lebih nyenyak

Saat kita tidur nyenyak, tubuh kita melakukan tugas-tugas penting seperti perbaikan sel dan konsolidasi memori. Peningkatan suhu dapat membangunkan kita dari tidur nyenyak, jadi berada di ruangan yang sejuk mengurangi kemungkinan hal itu terjadi.

7 dari 7 halaman

6. Mencegah infeksi jamur

Wanita dapat mencegah infeksi jamur dengan tidur di ruangan bersuhu lebih rendah. Bakteri dan jamur suka hidup di lingkungan yang hangat dan lembab, jadi menjaga ruangan tetap dingin akan menghentikan penyebarannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini