Sukses

Presiden Polandia Andrzej Duda Positif COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Polandia Andrzej Duda terkonfirmasi positif COVID-19, tetapi ia dalam kondisi yang baik, kata Menteri Kepresidenan Blazej Spychalski lewat unggahannya di Twitter, Sabtu 24 Oktober 2020.

"Presiden menjalani tes COVID-19 kemarin. Hasilnya positif. Presiden baik-baik saja. Kami terus berhubungan dengan layanan kesehatan terkait," kata Spychalski sebagaimana diwartakan Reuters, dikutip dari Antara, Sabtu (24/10/2020).

Duda kena COVID-19 saat jumlah kasus positif di Polandia terus naik. Otoritas kesehatan setempat melaporkan 13.600 kasus baru pada Jumat (23/10), angka tertinggi yang tercatat di Polandia.

Duda, 48, memiliki tanggung jawab menghadiri upacara kenegaraan dan ia punya kuasa untuk menjatuhkan veto di parlemen. Ia merupakan pendukung partai nasionalis Hukum dan Keadilan (PiS) di Polandia.

Pemerintah sejak Sabtu mulai memberlakukan lebih banyak pembatasan kegiatan dan aktivitas masyarakat di Polandia demi mengendalikan penyebaran COVID-19.

Beberapa pembatasan, di antaranya penutupan restoran dan bar selama dua minggu.

Kementerian Kesehatan setempat melaporkan 153 kasus kematian baru akibat COVID-19, Jumat, sehingga total korban jiwa mencapai 4.172 orang.

Duda ikut menambah daftar kepala negara/kepala pemerintahan yang terkonfirmasi positif COVID-19, di antaranya Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

2 dari 3 halaman

Wapres Kolombia Marta Lucia Ramirez Positif COVID-19

Selain itu, pemerintah Kolombia mengumumkan pada Jumat (23/10/2020) bahwa Wakil Presiden Marta Lucia Ramirez dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona COVID-19.

Mengutip CGTN, Sabtu (24/10/2020), pernyataan pemerintah menyebutkan bahwa ia yang kini berusia 66 tahun itu tidak menunjukkan gejala dan berada dalam keadaan sehat.

"Wakil Presiden tidak memiliki gejala dan dalam keadaan sehat sekaligus tengah melakukan isolasi yang sesuai," bunyi pernyataan itu.

Pernyataan itu menambahkan bahwa pelacakan kontak akan dilakukan.

Menurut kantornya, Ramirez telah mengikuti tes Virus Corona baru pada hari Kamis sebelum dia direncanakan untuk menghadiri konferensi dengan gubernur provinsi.

Sebelumnya, Ramirez muncul di siaran televisi malam bersama dengan Presiden Ivan Duque pada hari Senin.

Namun Duque, yang juga menjalani tes virus corona pada hari Kamis telah dinyatakan negatif.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: