Sukses

Korean Cultural Center Indonesia Gelar Lomba Memperingati Hari Hangeul ke-574

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memperingati Hari Hangeul (Huruf Korea) ke-574 yang diperingati setiap pada 9 Oktober, Pusat Kebudayaan Korea di Indonesia atau Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), di bawah pimpinan Direktur Kim Yong Woon menyelenggarakan beragam acara. Acara dan kompetisi ini untuk merayakan Hangeul menjadi bagian dalam rangkaian Bulan Kebudayaan Korea “K-Festival 2020”,

Rangkaian kompetisi acara dimulai sejak bulan Agustus 2020 dengan penyelenggaraan kontes K-Calligraphy. Para peserta kontes membuat kaligrafi dengan kalimat dari sebuah syair berjudul “Bunga Rumput” karya Na Tae-Joo.

Dari rilis yang diberikan kepada Liputan6.com, Sabtu (17/10/2020), dari 391 karya yang didaftarkan dalam dua kompetisi kategori, anak & remaja dan dewasa, terpilihlah sebanyak 14 karya sebagai pemenang. Penilai dilakukan oleh Korea Calligraphy Association untuk Indonesia. Pameran virtual karya pemenang dapat ditonton di tautan berikut ini:

2 dari 4 halaman

Lomba resensi K-Literature novel

Kompetisi lain yang juga digelar dalam merayakan Hari Hangeul adalah lomba resensi K-Literature novel "Kim Ji-yeong Born, 1982". Lomba meresensi karya penulis Cho Nam-joo ini diadakan bekerja sama dengan Gramedia.

Ini merupakan salah satu upaya dalam memperkenalkan karya sastra secara lebih luas. Penulis Cho Nam-joo turut menjadi salah satu juri dari lomba ini. Salah satu bentuk hadiah yang akan diterima pemenang adalah novel "Kim Ji-yeong Born, 1982" versi bahasa Korea yang ditandatangani oleh sang penulis.

3 dari 4 halaman

Kuis Hangeul Live di Kanal Resmi Youtube KCCIndonesia

Acara lain untuk merayakan Hari Hangeul adalah "Hangeul Quiz Show" pada 15 Oktober 2020. Para peserta adalah lulusan dan mahasiswa jurusan bahasa Korea dari sejumlah universitas di Indonesia, selain itu murid kelas bahasa Korea King Sejong Institute KCCI, serta peserta pidato bahasa Korea periode tahun 2018.

Kuis ini digelar secara daring melalui platform Zoom dan akan disiarkan secara langsung di kanal YouTube resmi KCC Indonesia dari Korean Cultural Center Indonesia.

Melalui tiga acara tersebut maka kami berharap agar semakin banyak orang mengenal Hangeul secara khusus, serta kebudayaan Korea secara umum. Tiga acara tersebut adalah bagian dari rangkaian K-Festival, yaitu festival tahunan yang digelar oleh KCCI bersama sejumlah instansi Korea di Indonesia. Pada tahun ini, K-Festival akan berlangsung hingga bulan November.

Informasi detail mengenai K-Festival 2020 bisa diakses di media sosial KCCI dan instansi terkait, serta melalui kanal www.ilotte.com/k-festival.

 

 

Reporter : Romanauli Debora

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: