Sukses

James Bond Ternyata Ada di Dunia Nyata, Terungkap dari Dokumen Rahasia

Liputan6.com, Warsawa Siapa yang tidak kenal dengan James Bond, Seorang tokoh mata-mata Inggris dari film populer yang dikarang oleh Ian Fleming tentunya sudah dikenal oleh dunia. Tapi siapa yang menyangka, ternyata James Bond benar-benar ada di dunia nyata.

Dikutip dari The Telegraph, Rabu (23/9/2020), dokumen rahasia Polandia mengungkap kasus mengenai agen Inggris yang bernama "James Bond". Dokumen tersebut ditemukan penyelidik di Institut Peringatan Nasional Polandia, tempat dimana arsip-arsip era komunis di negara itu disimpan.

Dinas rahasia Polandia mengungkap sosok James Bond tersebut merupakan agen berusia 36 tahun yang ditugaskan untuk bekerja pada Kedutaan Besar Inggris di Warsawa pada tahun 1964.

Ia menyamar sebagai pejabat kedutaan berpangkat rendah untuk memulai misinya. Menurut Badan Kontra-Intelejen Komunis Polandia, Bond memiliki misi yaitu untuk menembus fasilitas militer.

Pihak institut mengungkapkan bahwa sosok Bond merupakan seorang yang dianggap banyak bicara tetapi sangat berhati-hati dan tertarik pada wanita. Sosok tersebut tentu identik dengan karakter James Bond pada film fiksi.

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Dinas di Polandia Sulit Percaya

Dalam kehidupan pribadinya, Bond menikah dengan Janette Tacchi dan memiliki seorang putra yang mereka sebut juga sebagai James. Bond sendiri menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 2005.

Sepanjang hidupnya, Bond menghabiskan waktunya dengan berpartisipasi dalam Angkatan Darat Inggris. Selain itu, Istri Bond juga membenarkan bahwa suaminya dahulu merupakan mata-mata.

"Suami saya adalah seorang perwira di Korps Persekutuan. Sewaktu kami pergi ke Polandia, saya belum mengetahui kalau ternyata dia adalah mata-mata. Saya baru menyadarinya ketika ia melakukan hal-hal cerdik di luar tugasnya sebagai pejabat rendahan," imbuh Janette.

Dia menambahkan bahwa suaminya selalu menulis catatan ketika dia ingin menyampaikan informasi penting, karena dia curiga apartemen mereka disadap oleh pasangan Polandia di lantai atas.

“Kami diikuti kemana-mana. Saya mengetahui hal tersebut karena anak kami, yang saat itu berusia sembilan tahun, biasa melihat ke luar jendela belakang mobil dan mengatakan ada mobil-mobil yang mengikuti kami, ”katanya.

Setelah itu, Bond dan keluarganya meninggalkan Polandia karena merasa sudah tidak ada lagi peluang untuk mendapatkan informasi yang berharga.

 

Reporter: Ruben Irwandi

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: