Sukses

Ada 5 Kandidat, Donald Trump Bakal Umumkan Calon Hakim Agung AS Akhir Pekan

Donald Trump meyatakan akan mengumumkan calon Hakim Agung AS akhir pekan ini.

Liputan6.com, Washington D.C- Presiden Donald Trump meyatakan bahwa ia akan mengumumkan calonnya untuk kursi Mahkamah Agung AS yang kosong pada akhir pekan ini. 

Hakim Agung AS, Ruth Bader Ginsburg diketahui telah meninggal dunia pekan lalu. 

"Kami akan membuat keputusan mungkin Sabtu, mungkin Jumat" antara lima kandidat perempuan, ungkap Presiden Trump kepada wartawan, seperti dikutip dari AFP, Selasa (22/9/2020).

Presiden Trump, dengan kesempatan untuk menunjuk hakim baru ketiganya sejak memasuki Gedung Putih, saat ini sedang berada di titik puncak untuk memasang mayoritas yang sangat konservatif selama bertahun-tahun yang akan datang.

Sementara itu, Biden memimpin seruan kepada Senat AS yang dikendalikan Republik untuk menunda pemungutan suara pada calon Hakim Agung sampai hasil pemilihan 3 November diketahui.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Pemakaman untuk Ruth Bader Ginsburg

Tetapi pada 21 September, Presiden Trump menjelaskan bahwa dirinya tidak ragu untuk mengendurkan otot politiknya dan para sekutunya di Senat mengatakan mereka berniat untuk melakukannya.

Ginsburg akan disemayamkan dan disaksikan oleh publik dan Mahkamah Agung AS pada 23 dan 24 September.

Sementara itu, ia juga akan disemayamkan di negara bagian pada 25 September 2020 di aula patung nasional Capitol AS, di mana upacara khusus undangan direncanakan.

Kemudian, Ginsburg akan dimakamkan pada pekan depan dalam upacara pribadi di Arlington, dekat Ibu Kota Washington.

Presiden Trump mengatakan bahwa pengumuman calon Hakim Agung akan menunggu sampai upacara pemakaman untuk Ginsburg selesai, namun setelah itu ia ingin pengumuman dilakukan dengan segera. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.