Sukses

Kasus Virus Corona COVID-19 di Seoul Seketika Membeludak pada Agustus, Ada Apa?

Angka kasus Virus Corona COVID-19 di Seoul yang sempat menurun sejak bulan April kembali membeludak di bulan Agustus. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan dinilai telah berhasil menahan wabah besar kasus Virus Corona COVID-19 sejak April 2020. Warga Korea Selatan pun kemudian berpartisipasi dalam kampanye online yang mengungkapkan penghargaan sepenuh hati kepada para profesional yang memimpin tanggapan kesehatan masyarakat. 

Di bawah tulisan bertema "Thanks To You", orang-orang di seluruh negara tersebut mem-posting foto diri mereka sendiri di media sosial untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada para profesional perawatan kesehatan, dan membuat bahasa isyarat Korea untuk "kebanggaan" dan "rasa hormat", seperti mengutip laman Channel News Asia, Kamis (3/9/2020).

Kampanye itu dilakukan pada saat Korea Selatan tengah bersuka ria dan mendapat pujian dari luar negeri. Sementara negara-negara di Barat bergulat dengan wabah yang tidak terkendali, Korea Selatan tampaknya telah mengalahkan virus tersebut tanpa tindakan penguncian, dan tampaknya siap untuk hidup kembali normal.

Jumlah kasus Virus Corona baru harian Korea Selatan tetap berada di bawah 50 untuk sementara waktu.

Kampanye "Thanks To You" dimaksudkan untuk memberikan rasa pengakuan pada petugas kesehatan di Korea Selatan yang telah bekerja keras dan mempertaruhkan kesehatan mereka untuk memenuhi tugas suci untuk menjaga keamanan dan kesehatan publik."

Namun, banyak yang berubah dalam bulan-bulan berikutnya, terutama dalam beberapa pekan terakhir pada Agustus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Meledak pada Agustus

Pertama, pada pertengahan Agustus, gelombang kedua yang menakutkan dari Virus Corona COVID-19 menyebar di Korea Selatan.

Lebih dari 1.000 infeksi telah dikaitkan dengan unjuk rasa anti-pemerintah yang dipimpin Gereja Sarang Jeil, sebuah kelompok agama yang dipimpin oleh seorang pendeta, Jung Kwang-hoon, dengan sejarah oposisi vokal terhadap Presiden Moon Jae-in.

Infeksi di antara peserta, termasuk Jung, dilaporkan dan para pejabat telah waspada terhadap penyebaran nasional, karena banyak yang telah melakukan perjalanan ke Seoul untuk demonstrasi sebelum kembali ke rumah ke berbagai tempat di seluruh negeri.

Wabah pertama di Korea Selatan terjadi pada Februari dan Maret, dan sebagian besar terkonsentrasi di kota selatan Daegu, jauh dari daerah Seoul yang padat penduduk.

Para pejabat telah berulang kali memperingatkan bahwa insiden ini dapat melampaui dampak gelombang pertama itu.

3 dari 4 halaman

Tenaga Kesehatan Mogok Kerja

Di samping kegelisahan ini, banyak profesional kesehatan yang pernah dianggap sebagai pahlawan nasional, menjadi sasaran kritik.

Pekan lalu, dokter di seluruh negeri melakukan pemogokan selama tiga hari untuk memprotes rencana pemerintah menambah jumlah dokter di Korea Selatan sebanyak 4.000 dan membuka sekolah kedokteran umum baru.

Asosiasi Medis Korea mengatakan, mereka tidak akan sepenuhnya mengakhiri pemogokan sampai pemerintah menarik perubahan kebijakan yang direncanakan ini, hingga meningkatkan momok gangguan pada layanan medis pada saat kritis dalam perang negara melawan virus Corona.

Para dokter ini berargumen bahwa rencana pemerintah tidak akan menyelesaikan masalah Korea Selatan yang kekurangan perawatan medis di daerah pedesaan. Mereka mengatakan pemerintah harus bekerja untuk memperbaiki kondisi para dokter, dengan memastikan rumah sakit menghormati batasan legal jam kerja untuk dokter dan mengurangi beban pasien. 

Mereka juga khawatir peraturan pemerintah yang baru ini akan secara drastis meningkatkan pasokan dokter dan menurunkan pendapatan, sekaligus melemahkan daya tawar mereka.

Para dokter yang mogok kerja menuduh mereka melalaikan tugas ketika negara sangat membutuhkannya. 

Keputusan mereka untuk keluar telah disebut-sebut sebagai tanda tanggapan Korea Selatan yang sampai saat ini kohesif terhadap wabah virus corona. 

"The Streets Are Screaming," tertulis pada tajuk utama halaman depan surat kabar harian nasional Hankook Ilbo.

Alih-alih menjadi pilar kekuatan yang membantu negara melalui lonjakan infeksi ini, para dokter sekarang dipandang mementingkan diri sendiri dan bahkan oportunistik. Opini publik bersandar pada argumen bahwa dokter memiliki tugas publik dan harus kembali bekerja.

4 dari 4 halaman

Aksi Brutal

Suasana di negara itu kian memburuk. 

Selama akhir pekan, video beredar di situs internet berbahasa Korea yang menunjukkan perkelahian kekerasan di kereta bawah tanah Seoul yang melibatkan penumpang yang menolak untuk memakai masker.

Para ahli telah mengaitkan pertempuran kecil ini dengan kelelahan pandemi. Warga Korea Selatan diberitahu pada awal 2020 untuk tetap di dalam rumah selama akhir musim dingin dan musim semi dan semuanya akan menjadi lebih baik.

Sekarang, saat gelombang panas lembab akhir musim panas mulai memudar, dan cuaca musim gugur yang sejuk mendekat, negara itu hanya memperketat aturan jarak sosialnya.

Banyak yang kehilangan pekerjaan. Perekonomian riil telah hancur, membuat banyak orang sulit menerima jarak sosial yang tidak terbatas. Lebih dari 1,13 juta orang pun menganggur, angka pengangguran tertinggi dalam dua dekade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.