Sukses

Ledakan Misterius Dilaporkan Terjadi di Kota Perbatasan Korea Utara

Serangkaian ledakan dilaporkan mengguncang sebuah kota di Korea Utara, dekat perbatasan dengan China pekan ini. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Kota Hyesan - Sejumlah laporan menyebut terjadi serangkaian ledakan yang mengguncang sebuah kota di Korea Utara, dekat perbatasan dengan China pekan ini. Peristiwa itu kemungkinan mengakibatkan jatuhnya korban.

Laporan VOA Indonesia yang dikutip Kamis (6/8/2020) menyebut, para pejabat Korea Utara maupun media pemerintah tidak ada yang berkomentar mengenai ledakan tersebut.

Peristiwa ledakan itu dilaporkan terjadi Senin larut malam di kawasan permukiman di Kota Hyesan.

Video-video, yang dimuat Associated Press dan surat kabar berbasis di Seoul, Daily NK, memperlihatkan ledakan berulang kali, ditambah dengan kobaran api dan asap gelap membubung dari kawasan permukiman di Hyesan.

Rekaman gambar itu diambil dari China, yang dipisahkan oleh Sungai Yalu dari Korea Utara.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Ada 15 Orang Tewas

Daily NK, yang mengandalkan jejaring sumber anonim dari berbagai penjuru Korea Utara, melaporkan bahwa ledakan itu menewaskan sedikitnya 15 orang. Kendati demikian angka-angka itu belum dikukuhkan.

Menurut media itu, ledakan awal tampaknya disebabkan oleh kebocoran gas di sebuah rumah, berasal dari tabung gas cair. Ini memicu hingga 10 ledakan lainnya di rumah-rumah di dekatnya, sebut harian itu.

Korea Utara kerap kali tidak melaporkan kecelakaan-kecelakaan maut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.