Sukses

Kura-Kura Albino Langka Berwarna Kuning Ditemukan di India

Liputan6.com, Odisha - Seorang petani di India menemukan kura-kura kuning. Para ahli mengatakan bahwa itu adalah kura-kura yang memiliki gen albinisme. 

"Basudev Mahapatra menemukan kura-kura kuning itu ketika bekerja di ladangnya di Sujanpur, di Distrik Balasore dan membawanya pulang," ujar pihak kehutanan Susanta Nanda kepada CNN pada hari Selasa dan dikutip Rabu (22/7/2020).

Mahapatra menemukan kura-kura kuning itu pada hari Minggu 19 Juli dan memberikannya pada pihak kehutanan. Kemudian mereka menghubungi pakar.

Siddhartha Pati, direktur eksekutif di Asosiasi Konservasi Keanekaragaman Hayati, yang bekerja untuk melindungi satwa liar dan habitat, mengatakan kepada CNN bahwa ini adalah pertama kalinya dia melihat kura-kura jenis seperti itu.

Pati menjelaskan bahwa warna makhluk itu disebabkan oleh albinisme.

"Ini adalah kelainan bawaan dan ditandai dengan tidak adanya sepenuhnya atau sebagian pigmen tirosin," katanya. "Juga, kadang-kadang terjadi mutasi dalam urutan gen atau ada kekurangan tirosin."

2 dari 3 halaman

Kura-Kura Telah Dilepas ke Alam Bebas

Kura-kura itu kemudian dilepas ke alam bebas di Balasore.

Kura-kura ini dikenal sebagai jenis flapshell turtle India. Yang baru ditemukan diperkirakan sudah dewasa - diyakini berusia antara satu setengah atau dua tahun.

"Kami menemukan kura-kura dan kepiting secara teratur, dan kami menyelamatkan mereka lalu melepaskannya ke dalam air. Tetapi ini adalah pertama kalinya di Odisha dan kedua kalinya di India ditemukan kura-kura albino," kata Pati.

"Kura-kura umumnya ditemukan di Pakistan, Sri Lanka, India, Nepal, Bangladesh, dan Myanmar. Mereka adalah omnivora dan makanannya terdiri dari katak, siput dan bahkan beberapa vegetasi air." tambah Pati.

Pada tahun 2016, kura-kura hijau albino langka yang baru menetas juga terlihat di pantai Australia.

Relawan dari Coolum dan North Shore Coast Care kagum melihat makhluk kecil itu, yang mereka beri nama Little Alby, di Castaways Beach, di Sunshine Coast Queensland.

Reporter: Yohana Belinda

3 dari 3 halaman

Saksikan juga Video Ini: