Sukses

55 Tahun di Penangkaran, Kura-Kura Raksasa Selamat dari Kepunahan

Liputan6.com, Jakarta -  Kura-kura raksasa Espanola termasuk hewan langka yang keberadaannya semakin berkurang. Sekitar 55 tahun lalu, kura-kura yang hidup di alam liar Ekuador ini terancam punah. Saat itu hanya tersisa sebanyak 15 ekor kura-kura.

Hal itu membuat Taman Nasional Galapagos di Ekuador, berinisiatif untuk membuat penangkaran kura-kura raksasa tersebut. Lalu 15 ekor kura-kura itu masuk ke dalam penangkaran selama 55 tahun terakhir dan berhasil selamat dari kepunahan.

Dilansir dari Lonely Planet, Senin (20/7/2020), Taman Nasional Galapagos dan Galapagos Conservancy mengumumkan bahwa masa penangkaran kura-kura tersebut telah berakhir pada Januari 2020. Rencana awalnya, kura-kura raksasa itu akan di kembalikan ke alam liar pada Maret 2020.

Namun pandemi corona membuat rencana tersebut harus tertunda. Setelah situasi sudah lebih membaik, 15 ekor kura-kura raksasa itu sudah dikembalikan ke alam liar pada pertengahan Juni lalu.

Pada masa penangkaran, kura-kura dibersihkan dari serangan parasit dan dipasang microchip agar bisa terus dipantau perkembangannya. Mereka dibawa dengan perahu dari Pulau Santa Cruz ke Espanola, daerah yang dianggap sangat kondusif untuk kelangsungan hidup spesies tersebut.

"15 ekor kura-kura ini terdiri dari 12 ekor betina dengan berat rata-rata 35 kilogram dan tiga ekor jantan yang beratnya sekitar 54 kilogram," terang Direktur Taman Nasional Galapagos, Danny Rueda.

Ia menambahkan, setelah kura-kura itu dibebaskan bukan berarti mereka akan dibiarkan begitu saja. Mereka sudah menyiapkan staf yang akan terus mengawasi pergerakan mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Berumur Ratusan Tahun

Selama enam bulan, mereka akan dipantau secara langsung untuk memastikan mereka dalam keadaan baik. Kura-kura raksasa tersebut masuk penangkaran sejak 1960 dan sudah menghasilkan sebanyak 1.900 anak hingga Januari 2020.

Mereka selamat dari kepunahan dan kini jumlahnya semakin bertambah. Populasi mereka yang sempat terancam, kini jumlahnya sudah lebih dari 2.300 kura-kura.

"Kami berhasil menyelamatkan spesies yang hampir punah, yaitu kura-kura raksasa Espanola. Kami menilai langkah yang kami lakukan sangat sukses," ucap Menteri Lingkungan Hidup Ekuador, Paulo Proano.

Hewan yang termasuk kelompok reptil ini konon telah hidup di bumi sejak zaman dinosaurus ada. Kura-kura biasanya berumur panjang, bisa mencapai ratusan tahun. Kura-kura raksasa Espanola sendiri usianya diyakini bisa mencapai 100--200 tahun.