Sukses

2 Menteri Brasil Dinyatakan Positif Virus Corona COVID-19

Dua anggota kabinet Brasil yang menjabat sebagai menteri dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Brasilia - Dua menteri pemerintahan Brasil telah dinyatakan positif Virus Corona COVID-19. Hasil tes ini menggarisbawahi perjuangan untuk membatasi wabah pada negara terburuk kedua di dunia bahkan dalam kalangan elite politik.

Melansir laman Channel News Asia, Selasa (21/7/2020), Menteri Kewarganegaraan Onyx Lorenzoni dan Menteri Pendidikan yang baru ditunjuk Milton Ribeiro, keduanya telah didiagnosis positif COVID-19 dan menjalani karantina. Informasi tersebut disampaikan lewat media sosial mereka.

Lorenzoni, sekutu dekat Presiden Brasil Jair Bolsonaro, mengkreditkan gejala yang relatif ringan terhadap obat anti-malaria yang dipuji oleh presiden di media sosial dan pada demonstrasi publik.

"Saya sudah merasakan efek positifnya," tulis sang menteri di Twitternya terkait obat hydroxychloroquine yang ia gunakan, bersama dengan azithromycin dan ivermectin, sebagai pengobatan terhadap Virus Corona COVID-19.

Bolsonaro, yang dikarantina setelah ia juga dinyatakan positif COVID-19, juga sedang mengonsumsi hydroxychloroquine.

Keduanya digunakan untuk mengobati malaria, dan Bolsonaro telah menjadi pendukung penuh untuk menggunakannya untuk mengobati COVID-19, meskipun kurangnya bukti kuat bahwa obat tersebut bekerja melawan penyakit tersebut.

"Penting untuk diingat bahwa penggunaan obat 'tanpa label' sudah mapan dalam pengobatan, selama pasien setuju," tulis Bolsonaro di Twitter pada Senin pagi, sambil membela penggunaan hydroxychloroquine untuk perawatan yang belum terbukti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Virus Corona COVID-19 di Tengah Pemerintah

Lebih dari 80.000 orang telah meninggal karena COVID-19 di Brasil, dari lebih dari 2,1 juta kasus telah dilaporkan, menurut data Kementerian Kesehatan pada hari Senin. 

Hanya Amerika Serikat yang bernasib lebih buruk. 

Para ahli mengatakan angka sebenarnya di Brasil kemungkinan jauh lebih tinggi karena kurangnya pengujian yang meluas.

Augusto Heleno, penasihat keamanan nasional Bolsonaro, dan Menteri Pertambangan dan Energi Bento Albuquerque keduanya juga dinyatakan positif terkena virus itu.

Virus itu telah melanda elit politik di sudut-sudut lain Amerika Latin, termasuk Bolivia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.