Sukses

Dites Kedua Kalinya, Presiden Brasil Jair Bolsonaro Masih Positif Corona COVID-19

Liputan6.com, Sao Paulo - Presiden Brasil Jair Bolsonaro kembali dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona COVID-19. Hasil ini pun menunjukkan bahwa ia belum pulih dari infeksi yang didiagnosis diumumkan minggu lalu.

CNN Brasil melaporkan Bolsonaro secara pribadi memberi tahu tentang hasil tes barunya dan mengatakan ia akan mengikuti tes lain dalam beberapa hari. Sejak tertular virus itu, presiden mengatakan kesehatannya masih baik dan dia akan melanjutkan jadwal kerja normalnya jika dia dinyatakan negatif minggu ini, seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (16/7/2020).

Bolsonaro pertama kali mengumumkan diagnosisnya pada 7 Juli setelah menolak keparahan pandemi COVID-19. Kala itu, ia menyebutnya sebagai "flu kecil" bahkan ketika wabah Brasil menjadi yang terburuk di dunia di luar Amerika Serikat.

Dia mengecilkan angka kematian negara yang meningkat - sekarang lebih dari 74.000, dari hampir 2 juta kasus yang dikonfirmasi - dan mengatakan kondisi fisiknya yang baik akan mencegahnya dari dampak gejala serius jika dia sakit.

Bolsonaro juga telah mengesampingkan para ahli medis dalam penanganan pandemi Brasil, mendorong kembali terhadap kuncian negara dan kota dan sering beredar di depan umum tanpa masker hingga menuai kritik dari spesialis kesehatan masyarakat.

2 dari 3 halaman

Kasus di Brasil

Hingga saat ini, Brasil masih menjadi negara dengan kasus tertinggi kedua setelah Amerika Serikat.

Menurut data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, saat ini Brasil memiliki 1.966.748 kasus dengan 75.366 kematian. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: