Sukses

Studi Ini Ungkap Pria Makan Bawang Putih Lebih Disukai Wanita

Bawang putih identik dengan bau badan jika dikonsumsi terlalu banyak. Apakah bau ini benar-benar disukai wanita?

Liputan6.com, Jakarta - Tiap pria pasti ingin lebih dalam urusan menakhlukan hati wanita. Bau tubuh Anda adalah satu dari banyak hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pendekatan.

Lupakan parfum yang mahal, dan mulailah meningkatkan konsumsi bawang putih.

Ya, bawang putih. Bahan makanan paling populer ini konon bisa membuat pria lebih menarik bagi wanita, demikian dikutip dari laman Telegraph.co.uk, Selasa (23/6/2020).

Ini kedengarannya sangat berlawanan dengan intuisi, tetapi itu adalah hasil penelitian pada 2015, yang temuannya muncul kembali secara online.

Para peneliti dari Universitas Stirling dan Universitas Charles Praha meminta 42 pria secara bergiliran untuk makan bawang putih mentah, kapsul bawang putih, tanpa bawang putih, dan memakai pembalut di ketiak mereka selama 12 jam kemudian untuk mengumpulkan bau badan.

Kemudian, 82 wanita diminta mengendus sampel bau dan menilai mereka pada kesenangan, daya tarik, maskulinitas dan intensitas mereka.

Bau tubuh para lelaki yang mengonsumsi bawang putih dianggap "jauh lebih menarik".

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efek Positif

"Tentu saja, bau napas memainkan peran penting dalam sebagian besar interaksi sosial, tetapi bau ketiak manusia juga merupakan faktor penting dalam hubungan intim," tulis para peneliti dalam jurnal Appetite.

Hasil penelitian juga menunjukkan konsumsi bawang putih mungkin memiliki efek positif pada persepsi hedonisitas bau badan (kesenangan yang berasal darinya), mungkin karena efek kesehatannya, misalnya sifat antioksidan dan aktivitas antimikroba.

"Dari sudut pandang evolusi, pembentukan preferensi untuk aroma tubuh terkait diet mungkin dibentuk melalui seleksi seksual."

"Karena manfaat kesehatan dari konsumsi bawang putih termasuk antioksidan, imunostimulan, kardiovaskular, efek bakterisida dan anti-kanker, masuk akal bahwa preferensi bau manusia telah dibentuk oleh seleksi seksual."

3 dari 3 halaman

Manfaat Lain

Bawang putih juga diyakini dapat melindungi kita dari berbagai virus, terutama saat musim dingin tiba. Mengonsumsi bawang putih secata rutin diklaim bisa membuat daya tahan tubuh meningkat.

Bawang putih memang mengandung banyak vitamin dan asam amino. Selain itu, ia memiliki allicin -- senyawa organik yang mampu membunuh bakteri dan jamur.

Catatan: untuk melindungi tubuh, Anda mesti memilih bawah yang segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.