Sukses

Serangan Pisau Penjaga Keamanan di Sekolah Dasar China, 39 Orang Terluka

Insiden penusukan dengan pisau di Sekolah Dasar Wangfu, China terjadi pada jam 08.30 pagi waktu setempat ketika anak-anak biasanya masuk ke kelas.

Liputan6.com, Guangxi - Seorang penyerang yang menggunakan pisau melukai 37 siswa dan dua orang dewasa di sebuah sekolah dasar (SD) di China selatan pada Kamis, 4 Juni 2020.

Para pejabat setempat menyebut bahwa seorang penjaga keamanan sebagai pelaku, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (4/6/2020).

Semua korban (39 orang), termasuk staf pengajar, dikirim ke rumah sakit tetapi tidak dalam kondisi yang mengancam jiwa, kata pihak berwenang di Kabupaten Cangwu, wilayah Guangxi, China.

Insiden di Sekolah Dasar Wangfu terjadi pada jam 08.30 pagi waktu setempat, ketika anak-anak biasanya datang ke kelas.

Penyerang itu, dilaporkan berusia sekitar 50 tahun. Ia begitu tak "terkendali", kata pemerintah.

Menurut People's Daily, penjaga keamanan yang diidentifikasi bernama Li Xiaomin sudah ditangkap polisi.

"Tiga puluh tujuh siswa menderita luka ringan dan dua orang dewasa menderita luka yang lebih parah. Semua dari mereka dikirim ke rumah sakit untuk perawatan, dan nyawa mereka tidak dalam bahaya," katanya.

Sekolah-sekolah di wilayah tersebut baru dibuka kembali pada Mei, setelah ditutup selama berbulan-bulan karena wabah Virus Corona COVID-19.

Sejumlah sekolah di China telah dilanda serangan dalam beberapa tahun terakhir, memaksa pihak berwenang untuk meningkatkan keamanan di tengah seruan untuk penelitian lebih lanjut tentang akar penyebab tindakan tersebut.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyerangan Lain

Pada November kemarin, seorang pria memanjat dinding TK di barat daya Provinsi Yunnan dan menyemprot orang dengan cairan korosif, melukai 51 orang, kebanyakan siswa.

September lalu, delapan anak sekolah meninggal dan dua lainnya terluka dalam kasus kriminal di provinsi Hubei tengah, dengan seorang pria berusia 40 tahun ditangkap.

Seorang pria yang memegang pisau membunuh dua orang dan melukai dua lainnya di sebuah sekolah dasar di provinsi Hunan tengah pada April tahun lalu.

Pada April 2018, seorang pria membunuh sembilan siswa sekolah menengah ketika mereka pulang ke rumah, dalam salah satu serangan pisau paling mematikan yang terlihat di Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.