Sukses

India Evakuasi 25 Ribu Warganya di Seluruh Dunia Akibat Corona COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah India sedang menjalankan operasi evakuasi besar untuk membawa pulang warganya di seluruh dunia. Totalnya, sudah lebih dari 25 ribu warga dipulangkan.

Program ini disebut Mission Vande Bharat dan melibatkan berbagai instansi di India, mulai dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Penerbangan Sipil, Penerbangan Nasional India - Air India, Kementerian Dalam Negeri, serta berkolaborasi dengan pemerintah berbagai negara.

Berdasarkan rilis resmi Kedutaan Besar India di Jakarta, Sabtu (23/5/2020), total 134 penerbangan dikerahkan untuk mengevakuasi 25 ribu lebh warga India yang terdampar (stranded) di negara lain. Di Indonesia, ada 900 orang India yang sudah dijemput Air India pada empat penerbangan 19-22 Mei 2020.

Dua penerbangan pergi ke ibu kota New Delhi, sedangkan satu penerbangan pergi ke ibu kota keuangan Mumbai, lalu selanjutnya ke Ahmedabad dan Bengaluru. Warga yang kembali akan melakukan perjalanan ke kampung halaman masing-masing setelah karantina wajib sesuai dengan protokol COVID-19.

Upaya evakuasi di Timur Leste juga dilakukan via Indonesia.

Pihak Kedubes India memberi apresiasi kepada pemerintah Indonesia atas kerja sama yang diberikan selama evakuasi.

Operasi evakuasi berhasil karena koordinasi yang sangat baik oleh KEMLU dengan berbagai pemangku kepentingan Indonesia termasuk pemerintah provinsi dan kota, organisasi masyarakat sipil, Kementerian Transportasi dan lembaga lain seperti Angkasa Pura I dan II," tulis Kedubes India.

"Otoritas provinsi di NTT dan Pemerintah Timor Leste melakukan upaya khusus untuk memungkinkan imigrasi warga India yang terlantar dari Dili ke Kupang," lanjut Kedubes.

Ada juga upaya penjemputan pemegang KITAS Indonesia dan keluarga perwira TNI yang berada di India. Pesawat carter disewa untuk memulangkan sebanyak 200 orang ke Indonesia.

Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar Indonesia di New Delhi dan Konsulat Jenderal Indonesia di Mumbai bekerja sama untuk pemulangan tersebut.

2 dari 3 halaman

Sukses Berkat Kerja Sama Internasional

Selain itu, sebagai bagian dari misi ini, Angkatan Laut India juga meluncurkan 'Operasi Samudra Setu' untuk mengirimkan kapal-kapal angkatan lautnya di Wilayah Samudera Hindia (IOR) untuk membawa kembali warga India yang terdampar.

Sejauh ini, INS Jalashwa - kelas Landing Platform Dock (LPD) dan kelas INS Magar - Landing Ship Tank-Large (LST-L) telah mengangkut 1488 warga India dari Male, Maladewa ke Kochi, India.

Pemerintah India berkata Misi Vande Bharat bisa sukses karena eratnya kerja sama internasional.

"Ini adalah kolaborasi internasional yang sangat dekat yang memberi setiap orang harapan bahwa kita pada akhirnya akan menemukan cara untuk mengatasi tantangan pandemi virus corona," ujar Kedubes India.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: